PIALA MENPORA 2021

Kans Persija vs Persib di Final, Menpora Harap Komitmen Fan

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 16:16 WIB
Menpora Zainudin Amali berharap suporter bisa memegang komitmen guna mengantisipasi kemungkinan duel Persija vs Persib di final Piala Menpora 2021. Ilustrasi pertandingan Persija vs Persib. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap suporter bisa memegang komitmen guna mengantisipasi kemungkinan duel Persija Jakarta vs Persib Bandung di final Piala Menpora 2021.

Persija dan Persib memungkinkan bertemu di final setelah keduanya lolos ke semifinal Piala Menpora. Macan Kemayoran akan PSM Makassar dan Maung Bandung menghadapi PSS yang masing-masing digelar dua leg sepanjang 15-19 April mendatang.

Menanggapi kekhawatiran pergerakan suporter jika Persija vs Persib terjadi di final Piala Menpora 2021, Menpora Amali mengemukakan pandangannya.


"Saya tetap masih pegang komitmen pimpinan suporter dan saya meyakini mereka tidak akan melakukan itu [menggelar perayaan dengan turun ke jalan] karena itu akan berpengaruh ke izin liga. Kalau itu dilakukan, polisi akan evaluasi dikasih atau tidak izin Liga 1," kata Menpora Amali, Rabu (14/4).

[Gambas:Video CNN]

Politikus Partai Golkar itu memberi apresiasi pada suporter yang selama ini menepati janji tidak berkerumun, tidak datang ke stadion, tidak nobar dan hanya menonton di rumah saja. Menurutnya itu wujud bukti suporter menginginkan sepak bola Indonesia bergairah dan beraktivitas kembali.

"Sayang karena sejak 21 Maret Piala Menpora jalan sudah kita jaga bersama, tiba-tiba di ujung terjadi hal yang tidak diinginkan dan akan berpengaruh ke keseluruhan, akan mencoreng itu."

"Saya tetap masih yakin dan percaya terhadap komitmen suporter, pimpinan suporter dan pimpinan klub. Kalau mereka tidak mengizinkan dan mengajak tidak mungkin. Kalau ada spontanitas pasti akan dibubarkan polisi," ujarnya.

Menpora berharap kepada pimpinan klub dan pimpinan suporter agar memberi pemahaman dan mendidik suporter dalam situasi pandemi saat ini supaya tidak melakukan perkumpulan atau perayaan yang akan berdampak negatif bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Mau selebrasi di lapangan saja di larang, apa lagi ini. Yang rugi bukan cuma klub, pemain dan pelatih. Tapi suporter juga kena imbas. Kan sudah merasakan setahun kemarin tidak ada sepak bola," ungkap Menpora Amali.

"Saya berharap semifinal dan final bisa berjalan dengan baik dan mudah-mudaha kalau Piala Menpora sampai akhir berjalan sukses, maka tentu kita harapkan Liga 1 dan Liga 2 juga bisa mendapatkan izin dan bisa lancar sukses dengan prokes yang sungguh-sungguh dan serius," tutupnya.

(ttf/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK