ANALISIS

MotoGP Portugal Lebih Seru Ada Marquez?

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 19:10 WIB
MotoGP tanpa Marc Marquez seperti melihat sepak bola tanpa Lionel Messi atau UFC tanpa Khabib Nurmagomedov. Kurang menggigit! Marc Marquez kembali di MotoGP Portugal 2021 setelah sembilan bulan absen. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penantian panjang sembilan bulan berakhir di MotoGP Portugal 2021, Minggu (18/4). Misteri kemampuan Marc Marquez setelah lama absen akan terjawab di MotoGP Portugal.

273 hari adalah jarak antara kali terakhir Marquez tampil di MotoGP Spanyol 2020 (19 Juli 2020) ke MotoGP Portugal 2021 (18 April 2021). Selama itu pula Marquez harus menunggu untuk bisa kembali ke trek.

Marquez dan Honda sudah belajar dari kesalahan. Kesalahan memaksakan diri tampil di latihan bebas MotoGP Andalusia hingga membuat cedera humerus The Baby Alien semakin buruk.


Honda akhirnya tersadar Marquez adalah satu-satunya senjata andalan mereka untuk meraih sukses di MotoGP, ketika pembalap hebat lainnya, termasuk Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, tidak bisa menaklukkan sepeda motor RC213V.

Keputusan memberi kontrak jangka panjang hingga 2024 membuat Honda harus benar-benar menjaga kondisi Marquez. Terlebih Pol Espargaro belum menunjukkan tanda-tanda bisa meraih sukses hingga dua seri awal MotoGP 2021.

Semula Marquez sempat diprediksi tampil di dua seri awal MotoGP 2021, di GP Qatar dan GP Doha. Namun, tim dokter melarang. Marquez dan Honda pun tidak memaksakan diri. MotoGP Portugal pun menjadi penanda comeback Marquez setelah sembilan bulan absen.

[Gambas:Video CNN]

"Senang bisa kembali ke MotoGP. Saya sebenarnya ingin kembali di MotoGP Qatar, tapi akhirnya dokter melarang dan saya mendengarkan dia. Saya harus benar-benar fokus mendengarkan dokter dan mengerti tubuh saya, jadi saya bisa kembali tampil di MotoGP," ujar Marquez dikutip dari Marca.

Comeback Marquez di MotoGP Portugal dipastikan tidak akan disambut positif bagi para rival. Para rival tentu akan mengucapkan "Senang melihat Marquez kembali", namun dalam hati mereka dipastikan was-was. Pasalnya, Marquez yang selama ini tampil sangat dominan di MotoGP.

Marc Marquez di Sirkuit Barcelona Jelang MotoGP Catalunya 2020.Marc Marquez membuat rival was-was dengan tampil di MotoGP Portugal 2021. (Dorna Sports)

Kembalinya Marquez dipastikan akan membuat balapan MotoGP Portugal 2021 menjadi lebih seru. MotoGP tanpa Marquez seperti melihat sepak bola tanpa Lionel Messi atau UFC tanpa Khabib. Kurang menggigit!

Ketika pembalap tercepat menghilang dari trek, maka kemampuan sang juara pun akan dipertanyakan: Bagaimana hasilnya jika Marquez ada? Namun, penantian itu berakhir di MotoGP Portugal 2021.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Kini giliran Marquez yang dihadapi satu pertanyaan penting. Satu pertanyaan yang pastinya ada di pikiran penggemar MotoGP dan rival: Seperti apa kemampuan Marquez setelah pulih dari cedera?

Ada ungkapan di dunia olahraga yang menyebut: "kemampuan atlet akan berubah setelah kembali dari cedera parah". Ungkapan itu mungkin juga ada dalam benak Marquez jelang tampil di MotoGP Portugal 2021.

Jangan mempertanyakan mentalitas atlet seperti pembalap MotoGP. Sejak awal mereka sudah mengambil risiko besar, mempertaruhkan nyawa di atas sirkuit. Tapi, perlahan tapi pasti mentalitas itu bisa berubah seiring dengan pengalaman pahit seperti kecelakaan.

Menghindari Blunder Kedua

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK