Durasi Puasa Pemain Indonesia di Luar Negeri, Witan Terlama

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 17:56 WIB
Gelandang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman jadi pesepakbola Indonesia yang memiliki durasi berpuasa lebih lama pada Ramadan tahun ini. Witan Sulaeman berpuasa lebih lama dibanding pemain Indonesia lain. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gelandang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman jadi pesepakbola Indonesia yang memiliki durasi berpuasa lebih lama pada Ramadan tahun ini.

Sejumlah pemain Indonesia menjalani ibadah puasa Ramadan tahun ini di luar negeri. Bagi beberapa pemain tersebut ini pengalaman baru dan jadi tantangan tersendiri.

Para pemain itu adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Amiruddin Bagus Kahfi, Brylian Negiehta Aldama, Miftah Anwar Sani, Imam Zakiri, Asnawi Mangkualam bahar, Syahrian Abiamanyu, Ryuji Utomo Prabowo, dan Saddil Ramdani.


Dari ke-10 pemain ini, hanya tiga pemain yang benar-benar baru merasakan puasa Ramadan di luar negeri. Ketiga pemain tersebut adalah Miftah Anwar, Asnawi Mangkualam, dan Syahrian Abimanyu.

Miftah contohnya, baru kali ini menjalani puasa Ramadan di Bosnia-Herzegovina. Tak seperti Indonesia yang durasi puasanya 13 jam, di Negeri Balkan tersebut puasa pada musim panas mencapai 16 jam.

Asnawi, sebagai pemain sepak bola Indonesia pertama di Korea Selatan, juga akan berpuasa selama 16 jam. Walau berada di Asia, durasi puasa di Negeri Ginseng tersebut relatif panjang dibanding negara Asia lainnya.

Adapun Syahrian menjadi pemain yang paling singkat menjalani puasa Ramadan tahun ini. Pada musim panas seperti saat ini, durasi puasa di Negeri Kanguru tersebut hanya dalam tempo 11 jam.

[Gambas:Video CNN]

Adapun durasi puasa terpanjang ke-10 pemain Indonesia tersebut dijalani Witan yang kini bermain di Radnik Surdulica. Itu karena durasi puasa di Serbia pada musim panas mencapai 18 jam. Jika Ramadan jatuh pada musim dingin, bisa lebih dari 20 jam.

Sejatinya Brylian, Bagus, dan Imam, juga baru musim ini mencoba peruntungan di Eropa. Namun, ketiganya sudah sempat menjalani puasa Ramadan di Eropa, tepatnya di Inggris dalam program Garuda Select.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Dengan kata lain, ketiganya tak begitu kaget dengan durasi puasa lebih dari 13 jam. Meski demikian, pemain-pemain ini harus beradaptasi kembali agar bisa puasa sambil berlatih dengan normal.

Brylian misalnya, harus puasa selama 17 jam, yakni sejak pukul 3 pagi hingga pukul 8 malam. "InsyaAllah kuat," ucap Brylian mengenai durasi puasa yang harus dijalankan selama di Kroasia.

Selain pemain-pemain yang dikontrak profesional tersebut, ada pula pemain-pemain muda Indonesia yang kini sedang menimba ilmu di Kroasia dan Inggris bersama Garuda Select dan Vamos Indonesia.

Waktu Puasa Pemain Indonesia di Luar Negeri:

1. Egy Maulana (Polandia): 16 jam
2. Witan Sulaeman (Serbia): 18 jam
3. Bagus Kahfi (Belanda): 16 jam
4. Brylian Aldama (Kroasia): 17 jam
5. Miftah Anwar (Bosnia-Herzegovina): 16 jam
6. Imam Zakiri (Spanyol): 16 jam
7. Ryuji Utomo (Malaysia): 13 jam
8. Syahrian Abimanyu (Australia): 11 jam
9. Saddil Ramdani (Malaysia): 13 jam
10. Asnawi Mangkualam Bahar (Korea Selatan): 16 jam
11. Garuda Select (Inggris): 18 jam
12. Vamos Indonesia (Kroasia): 17 jam

(abd/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK