Penyebab Kecelakaan Aneh Johann Zarco di MotoGP Portugal

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 14:13 WIB
Pembalap Pramac Racing Johann Zarco mengungkap penyebab kecelakaan aneh yang dialaminya pada MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (18/4). Aksi pembalap Pramac Racing Johann Zarco pada kualifikasi MotoGP Portugal. (Foto: Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Pramac Racing Johann Zarco mengungkap penyebab kecelakaan aneh yang dialaminya pada MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (18/4).

Nasib sial dialami Johann Zarco pada MotoGP Portugal 2021. Dia terjatuh saat berada di posisi ketiga dan balapan hanya menyisakan enam lap.
Zarco mengungkapkan kecelakaan itu terjadi karena ada masalah pada gearbox.

"Awalnya saya pikir itu kesalahan saya. Saya pikir saya telah melakukan kesalahan dalam menurunkan gigi. [Ternyata] ada masalah masalah gearbox saat itu. Persneling yang tepat tidak masuk. Jadi saya mendapat sedikit pengereman pada mesin dan ban depan. Itulah mengapa saya berakhir di tanah," kata Zarco dikutip Corsedimoto.


Sangat disayangkan bagi pembalap Pramac Racing ini yang telah memulai musim dengan bagus, tetapi harus kehilangan poin pertamanya di seri ketiga MotoGP 2021.

Kehilangan poin membuat Zarco harus turun dari posisi puncak klasemen yang ia tempati sebelumnya. Kini Zarco berada di urutan keempat klasemen pembalap dengan torehan 40 poin atau tertinggal 21 poin dari pemuncak klasemen Fabio Quartararo.

MotoGP - Portuguese Grand Prix - Algarve International Circuit, Portimao, Portugal - April 18, 2021 Monster Energy Yamaha MotoGP's Fabio Quartararo celebrates on the podium after winning the race REUTERS/Pedro NunesPembalap Yamaha Fabio Quartararo berhasil memenangi MotoGP Portugal dan menggeser posisi Johann Zarco di puncak klasemen. Foto: REUTERS/PEDRO NUNES

Pembalap Ducati itu pun menyadari persaingan musim ini tidak mudah dan harus bekerja keras untuk mengimbangi pembalap lain.

"Saya harus banyak menekan dan menggunakan banyak energi untuk mengimbangi yang lain. Kami benar-benar berada di ujung tanduk. Atau mungkin bahkan pergantian gigi belum sesukses yang seharusnya. Secara umum, bagaimanapun, saya tidak sebaik itu. Mungkin beberapa penyesuaian lain diperlukan," kata Zarco.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Terlepas dari segalanya, kami berjuang untuk podium. Dan setelah memahami mengapa saya jatuh, itu membantu saya untuk tidak terlalu kecewa," Zarco menambahkan.

Live streaming MotoGP Spanyol, 2 Mei mendatang, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sedangkan siaran langsung melalui Trans7.

(rhr/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK