Baru Sembuh, Dedi Ingin Main di Final Piala Menpora

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 15:36 WIB
Dokter Tim Persib Rafi Ghani menyebut Dedi Kusnandar sudah meminta untuk tampil melawan Persija pada Final Piala Menpora 2021. Gelandang Persib Dedi Kusnandar saat duel dalam sebuah pertandingan. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokter Tim Persib Bandung, Rafi Ghani menyebut Dedi Kusnandar sudah ingin tampil melawan Persija Jakarta pada Final leg pertama Piala Menpora 2021, Kamis (22/4) mendatang.

Sebelumnya, Dedi sempat mengalami penurunan kesadaran saat menghadapi PSS Sleman pada semifinal leg kedua Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Senin (19/4).

Dedi mengalami penurunan kesadaran setelah berbenturan dengan pemain PSS di menit ke-39. Dedi tidak mampu melanjutkan permainan dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat observasi lebih lanjut, termasuk CT Scan.


"Per hari ini kondisinya baik. Belum tahu final turun apa enggak, saya tidak mau terlalu cepat ambil kesimpulan. Tapi Dedi sudah bilang ke saya kondisinya bagus, dia mau tampil di final Piala Menpora," kata Rafi Ghani kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/4).

Lanjut Rafi Ghani, Dedi kemungkinan juga akan tetap mengikuti sesi latihan ringan Persib sore ini. Dalam latihan tersebut, tim dokter akan melihat kembali kondisi Dedi dan kemungkinannya tampil di final melawan Persija Jakarta.

"Masih akan saya observasi dulu 1-2 hari ini. Nanti sore dan besok akan ada aktivitas latihan ringan, mau kami lihat lagi. Semoga tidak ada gejala apa-apa. Kalau memang sudah 100 persen sehat, bisa saja dimainkan. Saya mendampingi jadi saya tahu persis secara mental dia bagus. Kalau semua bagus kenapa enggak?" ujarnya.

Pesepak bola Persib Bandung Wander. L (kedua kiri) melakukan selebrasi seusai menjebol gawang kesebelasan Persebaya Surabaya dalam laga  perempat final Piala Menpora 2021,  di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta, Minggu (11/4/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp.Selebrasi pemain Persib Bandung di Piala Menpora 2021. Foto: (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Rafi Ghani juga menegaskan Dedi Kusnandar tidak sampai mengalami hilang kesadaran, melainkan hanya penurunan kesadaran sesaat. Penurunan kesadaran itu terjadi akibat dua kali trauma yang dialami Dedi di bagian kepalanya.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Tim dokter disebut Rafi Ghani sempat khawatir terjadi pendarahan di kepala akibat trauma, sehingga Dedi dirujuk untuk CT Scan. 

"Alhamdulillah kesadarannya pulih setelah beberapa menit. Tidak sampai pingsan, cuma memang seperti ada penurunan kesadaran. Langsung saya rujuk CT Scan, hasilnya bagus. Terus saya observasi, tanda vital berupa tensinya, nadinya, respirasi oksigennya bagus semua," ucap Rafi Ghani.

(rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK