Top Skor Piala Menpora: Striker Persib dan Persija Bersaing

jun, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 13:55 WIB
Perebutan gelar top skor Piala Menpora 2021 makin panas jelang laga final leg pertama Persija Jakarta vs Persib Bandung. Striker Persib Bandung Ezra Walian (tengah) moncer di Piala Menpora 2021. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perebutan gelar top skor Piala Menpora 2021 makin panas jelang laga final. Striker Persija Jakarta dan Persib Bandung sama-sama punya peluang untuk meraih Sepatu Emas.

Dalam daftar top skor sementara saat ini, striker Persiraja Assanu Rijal masih memimpin dengan empat gol dibuntuti dua penyerang Persib, Ezra Walian dan Frets Butuan, dengan koleksi tiga gol.

Sedangkan dua penyerang Persija, Marko Simic dan Osvaldo Haay, baru mengoleksi dua gol. Jumlah sama juga dikoleksi striker asing Persib, Wander Luiz.


Artinya, ada tiga striker Persib yang berpeluang meraih sepatu emas, sedang striker Persija hanya dua. Dengan laga final berlangsung dua leg, kesempatan kelima pemain ini sangat terbuka lebar.

Frets Butuan jadi sosok yang paling berpotensi. Ini karena Frets tak berhalangan tampil dalam laga final. Sudah begitu Frets punya sejarah positif saat menghadapi Macan Kemayoran.

Pada 28 Oktober 2019 misalnya, Frets melesakkan satu gol untuk kemenangan 2-0 Persib atas Persija. Menariknya, gol tersebut merupakan torehan pertamanya untuk Persib setelah dipinang dari PSMS Medan.

Adapun Ezra sedang dalam performa menawan. Pemain naturalisasi yang baru didatangkan dari PSM Makassar tersebut melesakkan tiga gol dari empat kesempatan tampil selama Piala Menpora 2021. Ezra jadi striker paling konsisten.

Persija Jakarta melawan Borneo FC pada lanjutan Grup B Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (27/3).Marko Simic baru mengemas dua gol di Piala Menpora 2021. (Dok. Persija Jakarta)

Mantan pemain binaan Jong Ajax ini pintar mencari ruang dan semua elemen mulai dari kaki kiri dan kanan juga kepala, sama baiknya untuk mencetak gol. Ini yang membuat Ezra patut diwaspadai deretan bek Persija.

Selanjutnya Wander Luiz. Meski berada di Indonesia dalam situasi kurang tepat, striker asal Brasil ini tampil menawan selama Piala Menpora 2021. Itu mengapa ia masuk daftar kuat calon peraih sepatu emas.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Sementara itu, Marko Simic diragukan bisa moncer seperti Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2019 saat meraih sepatu emas. Pria asal Kroasia ini sedang tertekan dan dihujat fan klub karena tumpul dalam beberapa laga.

Bahkan, Simic sudah dianggap sebagai striker yang malas. Ia enggan menjemput bola dan hanya ingin dapat umpan matang yang utamanya dari Riko Simanjuntak. Konsentrasi Simic sering kali buyar jika terpancing permainan keras lawan.

[Gambas:Video CNN]

Terakhir, Osvaldo Haay. Sama seperti Frets, Osvaldo punya kisah menarik tentang Persib. Sepanjang kariernya, pemain asal Papua ini telah menceploskan satu gol ke gawang Persib, yang pada 20 Oktober 2018, saat membela Persebaya.

Setelah absen mencetak gol pada babak perempat final dan semifinal, Osvaldo diyakini akan "berbuka puasa gol". Terlebih Osvaldo punya catatan impresif saat jumpa bek-bek tinggi besar yang pergerakannya tidak cepat.

Top Skor Piala Menpora 2021:

4 gol

Assanur Rijal (Persiraja)

3 gol

Andri Ibo (Persik)
Ezra Walian (Persib)
Frets Butuan (Persib)

2 gol

Wander Luiz (Persib)
Marko Simic (Persija)
Ahmad Nufiandani (TIRA Persikabo)
Chandra Waskito (Persita)
Dedik Setiawan (Arema)
Fandi Eko Utomo
Ilija Spasojevic
Komarodin
Osvaldo Haay (Persija)
Pratama Arhan
Saddam Gaffar
Samsul Arif
Yakob Sayuri
Melvyn Lorenzen

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK