Persib vs Persija: Momen Langka Duel di Final Piala Menpora

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 17:15 WIB
Laga final Piala Menpora 2021 antara Persija vs Persib merupakan momen langka karena kedua im tercatat baru dua kali bertemu di final. Ilustrasi pertandingan Persib vs Persija di sebuah pertandingan. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Laga final Piala Menpora 2021 antara Persija vs Persib merupakan momen langka. Keduanya sudah sering bertemu sejak 1931, tetapi baru dua kali  bertemu dalam partai final.

Pertemuan itu terjadi pada final turnamen Jusuf Cup 1976 dan 1978. Persib berhasil mengamankan dua kemenangan dalam duel tersebut.

Pada Final Jusuf Cup 1976, Persib mengalahkan Persija dengan skor telak 7-0. Lalu, saat kembali bertemu pada Jusuf Cup 1978, Persib menang tipis 1-0 atas Persija di partai final.


Setelah itu, jarang ditemukan lagi duel Persija vs Persib pada laga final. Pada Perserikatan 1933 dan 1934 misalnya, Persija yang ketika itu bernama VIJ tampil menjadi juara, sedangkan Persib menjadi runner-up. Namun, keduanya tidak bertemu dalam partai final, melainkan laga grup.

Format kompetisi diawali babak grup yang dilanjutkan putaran final dengan empat kontestan. Dengan kata lain status juara Perserikatan 1933 dan 1934 berdasarkan poin tertinggi dari empat tim dan bukan laga puncak antara dua tim.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Setelah itu, laga Persija kontra Persib tak pernah terjadi lagi pada partai puncak. Dalam catatan sejarah PSSI dari 1951 hingga 2019, ada sekitar 102 pertemuan. Hasilnya, Persija unggul 33 kali dan Persib 30 kali, sisanya 39 kali berakhir dengan imbang.

Namun, banyak yang menyatakan Persija dan Persib bertemu dalam sejumlah turnamen tak resmi. Sayangnya, data-data pertandingan tersebut tidak tercatat dengan baik.

Jika laga-laga tak resmi tersebut dijumlahkan, ada sekitar 140 hingga 150 pertandingan antara Persib vs Persija. Namun memang data ini tak bisa dipertanggungjawabkan karena minimnya pencatatan data sepak bola nasional.

Johanis Auri, legenda Persija era 1970 hingga 1980 mengatakan, beberapa kali bertemu Persib. Hanya saja, lelaki asal Papua ini tak mengingat betul bagaimana pertemuan dua kutub sepak bola ini.

"Data dan dokumen saya hilang saat banjir. Sayang sekali. Saya beberapa kali bertemu dengan Persib dalam turnamen tetapi saya tidak ingat pastinya kapan," kata Johanis kepada CNNIndonesia.com.

Pemain Persija Jakarta berebut bola dengan pemain PSM Makassar pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). ligaindonesiabaru.comPenyerang Persija Marko Simic diharapkan dapat tampil tajam di Final Piala Menpora. (Foto: ligaindonesiabaru.com)

Dengan kata lain, laga Persija kontra Persib pada 2021 ini adalah momen langka. Setidaknya pertandingan ini akan tercatat sebagai salah satu laga final dalam sejarah pertemuan kubu Macan Kemayoran dan Maung Bandung.

Partai final Piala Menpora antara Persib kontra Persija akan berlangsung dua kali. Leg pertama akan berlangsung pada 22 April di Stadion Maguwoharjo, Sleman, sedangkan leg kedua pada 25 April di Stadion Manahan Solo.

Walau cuma pertandingan pramusim, laga ini sarat gengsi sebab keduanya punya rivalitas tinggi.

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK