Sudirman: Insya Allah Persija Hentikan Rekor Persib

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 15:37 WIB
Rapor Persib yang belum terkalahkan dalam Piala Menpora 2021 tak membuat pelatih Persija Sudirman gentar. Pertandingan Persija vs PSM di babak semifinal Piala Menpora 2021. (Foto: ligaindonesiabaru.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rapor Persib yang belum terkalahkan dalam Piala Menpora 2021 tak membuat  pelatih Persija Sudirman gentar. Sudirman malah yakin Persija akan jadi tim pertama yang mengalahkan Persib.

Dalam enam pertandingan yang telah dijalani, Persib meraih empat kemenangan dan dua kali imbang. Ini kontras dengan Persija yang tiga kali menang, dua kali imbang dengan satu berujung adu penalti, dan sekali kalah.

Persija dan Persib akan bentrok dalam laga final Piala Menpora 2021. Final leg pertama akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Kamis (22/4), sedangkan leg kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).


"Memang kami tidak sempurna dalam Piala Menpora ini, tapi grafik penampilan kami selalu naik dalam setiap pertandingan yang kami lalui. Persib memang belum terkalahkan, insyaallah di akhir pertandingan akan kalah sama kami," kata Sudirman.

Pelatih berlisensi A AFC tak asal ucap. Ia mengaku telah mempelajari peta kekuatan Persib Bandung. 

Pemain Persija Jakarta berdesak-desakan dengan pemain PSM Makassar saat terjadi tendangan sudut pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.Pemain Persija Jakarta berdesak-desakan dengan pemain PSM Makassar saat terjadi tendangan sudut pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). (Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Bagi mantan pelatih tim PON DKI pada 2016 tersebut, yang utama dari laga final ini adalah mentalitas. Menurut Sudirman, tim yang bermental juara yang akan memenangkan pertandingan dan keluar sebagai pemenang.

Adapun soal kebugaran pemain yang terganggu karena lokasi pertandingan berpindah-pindah, bukan sebuah persoalan. Pasalnya, bukan hanya pemain Macan Kemayoran, tetapi pemain Persib juga merasakan hal yang sama.

"Yang pasti rasa kelelahan ada, karena setelah pertandingan kami pindah kota. Itu mempengaruhi recovery kami. Tapi kedua tim melakukan hal yang sama. Kami puasa, mereka juga puasa. Yang paling penting dalam pertandingan ini adalah mental-mental pemain kuat untuk menghadapi serangan atau permainan Persib," kata Sudirman.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sebagai sosok yang sudah cukup lama berada di dalam tim Persija, sejak 2009 (datang dan pergi), duel Persija versus Persib menjadi hal biasa. Meski gengsi pertandingan tetap terasa, Sudirman punya sudut pandang lain.

"Bagi saya pertandingan Persija dan Persib ini penuh fanatisme, penuh gejolak di media sosial, tapi yang pasti pertandingan adalah pertandingan. Bagi saya sportivitas itu nomor satu. Keinginan menang kedua tim sangat besar, saya memprovokasi pemain untuk selalu menang dalam setiap pertandingan tapi yang terpenting adalah sportivitas," katanya.

Marc Klok melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang menjadi gol kedua Persija ke gawang Bhayangkara Solo FC.Gelandang Persija Marc Klok menjadi kunci permainan di lini tengah tim Macan Kemayoran. Foto: (dok. Persija Jakarta)

Gelandang Persija Marc Klok menambahkan Persija sebagai tim besar Indonesia harus membuktikan kelasnya. Klok juga akan mencoba memenuhi ekspektasi The Jakmania, kelompok suporter Persija.

"Target kami ambil juara. Besok kami main lawan Persib, el clasico Indonesia. Buat saya ini el clasico pertama. Saya suka pertandingan yang besar, main lawan tim besar, dan besok ada kesempatan ambil piala lawan tim besar," ucap pemain naturalisasi asal Belanda ini.

Mengenai penampilan Ezra Walian yang mencuri perhatian, bukan hal besar bagi Klok. Sebagai sesama pemain keturunan Belanda dan telah memiliki paspor Indonesia, Klok menghormati Ezra. Namun, untuk laga ini Ezra akan dibuat tak berkutik.

"Saya main dengan dia (Ezra) waktu di PSM. Saya tahu dia pemain punya kualitas. Saya pikir fokus untuk kualitas kami lebih penting dan lebih bagus. Ini kunci untuk selalu kasih maksimal dan menang," ujar Klok.

Persija Road to Final Piala Menpora

Penyisihan Grup
22/03/2021 Persija 0-2 PSM
27/03/2021 Persija 4-0 Borneo
31/03/2021 Persija 2-1 Bhayangkara FC

Perempat Final
10/04/2021 Persija 1-0 Barito

Semifinal
15/04/2021 Persija 0-0 PSM
18/04/2021 Persija 4-3 (0-0) PSM

Persib Road to Final Piala Menpora

Penyisihan Grup
24/03/2021 Persib 1-1 Bali United
29/03/2021 Persib 3-1 Persita
02/04/2021 Persib 2-1 Persiraja

Perempat Final
11/04/2021 Persib 3-2 Persebaya

Semifinal
16/04/2021 Persib 2-1 PSS
19/04/2021 Persib 1-1 PSS

[Gambas:Video CNN]



(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK