Charles Oliveira, Raja Submission Calon Juara UFC

jal, CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 12:41 WIB
Charles Oliviera pernah membuat tangan Tony Ferguson nyaris patah jelang melawan Michael Chandler di UFC 262. Charles Oliviera dikenal sebagai raja submission di arena UFC. (AFP/Dylan Buell)
Jakarta, CNN Indonesia --

Charles Oliviera akan membuktikan statusnya sebagai raja submission saat bersua Michael Chandler pada UFC 262 di Toyota Center, Houston, Minggu (16/5) pagi WIB.

Oliveira jelas tidak akan melewatkan kesempatan merebut sabuk juara kelas ringan UFC yang lowong setelah Khabib Nurmagomedov memilih pensiun. Sabuk juara kelas ringan UFC itu terbuka untuk diraih meski menghadapi Chandler yang notabene pernah jadi penguasa ajang Bellator.

Oliveira merupakan ahlinya dalam melakukan submission. Petarung asal Brasil itu meraih 30 kemenangan dari 39 pertarungan di ajang mixed martial arts.


Dari 30 kemenangan itu, 19 di antaranya tercipta lewat submission. Sisanya delapan kemenangan terjadi melalui KO/TKO dan tiga kemenangan sisa didapat lewat kemenangan angka.

Oliviera juga memegang rekor soal kemenangan lewat submission. Petarung berjuluk Do Bronx itu masuk dalam buku sejarah UFC dengan catatan 14 kemenangan submission, terbanyak dibandingkan petarung-petarung lain.

Oliveira juga mencatat rapor yang cukup mengesankan sejak kalah dari Paul Felder di UFC 218 pada 3 Desember 2017. Ia mengukir delapan kemenangan beruntun dengan lima di antaranya dibukukan melalui kemenangan submission.

Kemenangan terakhir Oliviera dibukukan saat bersua Tony Ferguson di UFC 256. Petarung berusia 31 itu tampil dominan dalam pertarungan yang berlangsung dalam tiga ronde.

Meski tidak menang lewat submission, Oliviera membuktikan dirinya adalah salah satu petarung papan atas di UFC. Oliveira tampil dominan sehingga membuat El Cucuy tidak berkutik dan harus menerima kekalahan angka mutlak.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Oliviera bahkan nyaris membuat tangan Ferguson patah karena submission yang ia lancarkan. Momen itu terjadi di ronde pertama saat Oliviera mengunci lengan Ferguson meski petarung asal AS itu bisa bertahan dan diselamatkan bel ronde pertama.

Ferguson pun mengakui ketangguhan Charles Oliveira dalam laga grounding fight. Ia merasa menghadapi selimut basah karena tekanan yang terus diberikan Oliveira.

Oliveira sendiri memiliki dasar beladiri brazilian jiu-jitsu dengan menyandang sabuk hitam tingkat tiga. Sepanjang kariernya, ia pernah bertarung di tiga kelas berbeda yaitu kelas bulu, kelas ringan, dan kelas welter.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK