6 Pemain Muslim Man Utd vs Liverpool di Hari Lebaran

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 07:48 WIB
Duel Manchester United vs Liverpool digelar tepat saat umat Islam seluruh dunia merayakan hari Lebaran. Duel Manchester United vs Liverpool akan berlangsung saat hari Lebaran. (AP/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manchester United akan menjamu Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (13/5) waktu setempat. Bigmatch ini digelar tepat saat umat Islam seluruh dunia merayakan hari Lebaran.

Pertandingan antara dua tim tersukses di Inggris itu akan berlangsung pada Kamis malam waktu setempat atau Jumat (14/5) dini hari WIB. Berlangsungnya laga ini membuat para pemain muslim di dua tim tersebut harus fokus ke pertandingan.

Di kubu Man Utd terdapat nama Paul Pogba dan Amad Diallo. Nama terakhir merupakan pemain muda yang baru datang dari Atalanta pada pertengahan musim ini.


Di kubu Liverpool terdapat lebih dari dua pemain yang diketahui seorang muslim. Dua di antaranya adalah bintang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Berikut enam pemain muslim yang berperang di Man Utd vs Liverpool saat hari Lebaran:

Paul Pogba

Pogba dikenal sebagai pesepakbola muslim yang taat. Ia rutin melakukan ibadah umrah dan ikut menjalankan ibadah puasa selama Ramadan kali ini.

Manchester United's Bruno Fernandes, front, celebrates with Manchester United's Paul Pogba after scoring his side's fourth goal during the Europa League semi final, first leg soccer match between Manchester United and Roma at Old Trafford in Manchester, England, Thursday, April 29, 2021. (AP Photo/Jon Super)Paul Pogba dikenal sebagai muslim yang taat. (AP/Jon Super)

Momen Pogba diketahui berpuasa terjadi saat bersua AS Roma di Liga Europa. Pogba sempat makan kurma untuk buka puasa sebelum melayani permintaan wawancara media.

Amad Diallo

Diallo jadi pemain muslim kedua setelah Pogba di Man Utd. Pemuda berusia 18 tahun itu sebelumnya memperkuat Atalanta.

Diallo juga pernah mengunggah sebuah surat dari Al-Quran beberapa saat setelah resmi jadi pemain Man Utd. Ia mengunggah surat Al-Furqan ayat 65-66 di Instastory akun Instagram miliknya.

Mohamed Salah

Sosok Salah sebagai pemain muslim sudah dikenal luas oleh seluruh pencinta sepak bola di dunia. Salah juga memperlihatkannya melalui selebrasi bersujud yang kerap ia lakukan setelah mencetak gol.

Salah telah menjadi fenomena tersendiri di Liverpool. Efek kedatangan Salah juga mengurangi Islamofobia di Merseyside berdasarkan sebuah penelitian.

Liverpool's Mohamed Salah celebrates after scoring his side's opening goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Aston Villa at Anfield stadium in Liverpool, England, Saturday, April 10, 2021. (Laurence Griffiths/Pool via AP)Mohamed Salah selalu merayakan gol yang dicetaknya dengan cara bersujud. (AP/Laurence Griffiths)

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Stanford, kedatangan Salah berdampak pada penurunan jumlah kejahatan rasial di lokasi Liverpool berada. Mengacu pada situs Premier League, terdapat penurunan kejahatan berdasarkan ras baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya.

Sadio Mane

Mane juga jadi sosok pemain bintang lain di Liverpool yang sudah dikenal luas sebagai pemain muslim. Mane dikenal sebagai seorang muslim yang taat dalam menjalankan ibadah puasa dan salat lima waktu.

Mane juga tidak suka minuman beralkohol sama seperti halnya Salah. Selain itu, Mane dikenal sebagai pesepakbola dengan jiwa sosial tinggi.

Naby Keita

Keita jadi pemain muslim lainnya yang juga ada di skuad Liverpool. Mantan pemain RB Leipzig itu juga dikenal sebagai sosok yang taat dan punya jiwa sosial yang tinggi.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Keita dikabarkan turut membantu penduduk di negara asalnya Guinea pada bulan Ramadan. Ia mengirimkan 30 ton beras kepada umat muslim di Guinea.

Keita ingin mereka mendapatkan makanan yang layak selama Ramadan di tengah kondisi Guinea yang mengalami krisis ekonomi.

Xherdan Shaqiri

Shaqiri termasuk pemain muslim yang juga ada di skuad Liverpool. Shaqiri pun diketahui berpuasa selama bulan Ramadan.

Mantan pemain FC Basel dan Bayern Munchen itu dikenal sebagai sosok yang taat. Selain itu, ia memiliki kebiasaan selalu membaca potongan ayat Alquran sebelum bertanding.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK