Rumor MotoGP: Dekati Honda, Tanda Petronas Tinggalkan Yamaha

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 17:30 WIB
Tim Petronas mengisyaratkan berpisah dengan Yamaha setelah melakukan pendekatan dengan Honda untuk MotoGP 2022 mendatang. Petronas tengah mendekati Honda. (CNN Indonesia/ Ahmad Bachrain)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang MotoGP Prancis 2021, Minggu (16/5), tim Petronas mengisyaratkan berpisah dengan Yamaha setelah melakukan pendekatan dengan Honda untuk MotoGP 2022 mendatang.

Pendekatan Petronas dengan Honda itu diketahui setelah Direktur Razlan Razali dan Manajer Tim Johan Stigefelt bertemu dengan manajer HRC Tetsuhiro Kuwata di HRC Hospitality di MotoGP Spanyol.

Dikutip dari Speedweek, Razali menekankan, mereka harus tetap membuka opsi lain jika tidak memiliki kontrak baru dengan Yamaha dan selama belum ada pengumuman resmi antara VR46 dengan Yamaha. Kontrak Petronas dengan Yamaha berakhir pada 2021.


Selain Petronas, tim milik Valentino Rossi VR46 juga disebut masih berpeluang menggunakan motor Yamaha pada musim depan.

Akan tetapi, ada juga rumor yang menyebut VR46 lebih memilih bergabung dengan Ducati. Dengan begitu, Ducati akan memiliki dua tim pabrikan selain Pramac.

Menurut laporan Speedweek, sejauh ini tim-tim satelit yang sudah resmi memiliki kontrak dengan pabrikan adalah LCR dengan Honda, Pramac dengan Ducati, dan Tech3 dengan KTM.

Sementara itu, masih tersisa tiga tim satelit lain: Petronas, VR46, dan Gresini Racing. Di luar rumor VR46 dengan Ducati dan Yamaha, Gresini akan menerima tawaran Aprilia.

[Gambas:Video CNN]

Meski demikian, Honda tampaknya tidak ingin membuat dua tim satelit pada musim depan. Terlebih lagi, Honda sudah memiliki tim Moto3 yang menggunakan motor Honda NSF 250RR.

Di luar Honda ingin fokus pada pengembangan motor RC213V, CEO Dorna Ezpeleta juga diklaim lebih senang melihat hanya satu tim satelit dari setiap pabrikan.

Penampakan VR46 MotoGP 2022Tim VR46 masih mencari rekan pabrikan. (Tangkapan layar instagram @SkySportMotoGP)

Bos Yamaha, Lin Jarvis juga menekankan hanya ingin memiliki empat pembalap atau menolak usulan mempunyai dua tim satelit.

"Jumlah ideal pembalap MotoGP kami adalah empat," ucap Jarvis.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Peluang terbuka dimiliki VR46 dengan bergabung bersama Ducati. Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti menyebut ingin memiliki dua tim satelit pada MotoGP 2022.

Live streaming MotoGP Prancis 2021 bisa disimak di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.

(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK