Andi Gilang: Bayar Fidiah Demi Meraih Prestasi di Moto3

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 09:55 WIB
Di tengah perayaan Idulfitri jauh dari keluarga, Andi Gilang fokus meraih hasil prestasi pada ajang Moto3 Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans. Andi Gilang kesulitan menjalani puasa di tengah latihan dan balapan Moto3 2021. (Dok. Honda Team Asia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Indonesia di Moto3 2021, Andi Gilang, mengaku selalu kesulitan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Demi target meraih prestasi di Moto3, Gilang memilih untuk bayar fidiah.

Gilang merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara di ajang Moto3 musim ini. Pembalap 23 tahun itu musim ini membalap untuk tim Honda Team Asia di kelas Moto3.

Gilang sudah berkarier di ajang balap motor di Eropa sejak 2016 pada ajang FIM CEV Moto3 Junior. Setelah tampil penuh di kelas Moto2 pada musim 2020, pembalap kelahiran 14 Agustus 1997 itu turun kasta dan menjadi rookie di Moto3.


Memiliki karier sebagai pembalap membuat Gilang jarang berkumpul dengan keluarga di bulan Ramadan. Tidak terkecuali tahun ini. Bukan hanya jarang berkumpul dengan orang-orang tercinta, Gilang juga selalu kesulitan menjalani puasa.

Gilang mengatakan waktu puasa yang lama dan kesibukan menjalani latihan serta balapan membuatnya sulit untuk menjalani puasa.

"Agak susah juga kalau mau jalani puasa normal, karena buka puasanya jam 9 malam [di Spanyol]. Waktunya lebih panjang. Gilang juga tidak pernah berhenti latihan sama tim, jadi benar-benar tidak ada hari libur," ujar Gilang kepada CNNIndonesia.com.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Demi memenuhi ambisi tampil di ajang MotoGP, Gilang berusaha keras memberikan yang terbaik saat latihan dan balapan. Keluarga pun mendukung karier Gilang.

Pembalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu mengatakan sang ibu selalu membayar fidiah untuknya.

Andi Gilang di Moto3 2021  Dok. Honda Team AsiaGrafik penampilan Andi Gilang terus meningkat di Moto3 2021. (Dok. Honda Team Asia)

"Dalam sepekan saya paling libur sekali, sisanya latihan terus. Pada saat latihan itu, kalau saat latihan benar-benar berat banget, saya tidak kuat kalau harus puasa. Tapi, ibu di Indonesia selalu [bayar] fidiah untuk ganti Gilang tidak puasa," ucap Gilang.

Tahun ini Gilang harus kembali merayakan Lebaran tanpa keluarga. Di tengah perayaan Idulfitri, Gilang harus fokus persiapan jelang tampil di Moto3 Prancis 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, 14-16 Mei.

Lihat lanjutan artikel ini di halaman kedua

Rindu Nasu Likku Saat Lebaran

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK