Daftar 28 Pemain Timnas ke Dubai: Tanpa Spasojevic dan Klok

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 16:20 WIB
PSSI merilis daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang akan melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab. Timnas Indonesia bawa 28 pemain ke Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

PSSI merilis daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang akan melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab. Tidak ada nama striker Ilija Spasojevic dan gelandang Marc Klok di dalamnya.

Diberangkatkannya 28 pemain tersebut merupakan hasil dari pemilihan 34 pemain yang menjalani pemusatan latihan di Jakarta selama hampir dua pekan terakhir.

Meski demikian, tidak ada nama striker senior Ilija Spasojevic, gelandang naturalisasi Marc Klok, dan juga Arthur Irawan dalam 28 pemain yang ke Dubai itu.


"Ini adalah pilihan dari Shin Tae Yong. Bukan berarti yang ditinggal di Indonesia tidak baik, tetapi ini sekali lagi murni pilihan pelatih," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI.

"Pelatih hanya membutuhkan 28 pemain. Itu artinya tidak semua pemain bisa dibawa ke Dubai," ucap Iriawan menambahkan.

Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, pemilihan pemain tersebut sudah diperhitungkan dengan cermat oleh Shin tae Yong. Di antaranya karena siap secara mental, fisik, kemampuan, dan disiplin.

"Setiap pelatih mempunyai selera untuk memilih pemain. Ya kita hormati saja pilihan pelatih," tutur Iwan Bule.

Shin Tae Yong sendiri berharap, para pemain yang dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 bisa menunjukkan kemampuan terbaik.

Timnas Indonesia yang sedang menjalani persiapan menuju SEA Games 2021di VietnamShin Tae Yong yakin fisik pemain Timnas Indonesia pulih saat di Dubai. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu mengakui, para pemain Tim Merah Putih belum menunjukkan kualitasnya karena sebagian besar menjalani puasa Ramadan.

"Masih ada waktu mengembalikan fisik pemain. Nanti di Dubai, setelah tidak puasa lagi, fisik mereka akan meningkat," tutur Shin Tae Yong.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Yang paling penting kemauan dan kerja keras mereka sudah terlihat saat pemusatan latihan di Jakarta," kata Shin Tae Yong melanjutkan.

Sebanyak 28 pemain yang ke Dubai ini termasuk lima pemain yang akan berangkat langsung ke Uni Emirat Arab, seperti: Elkan Baggott (Inggris), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia).

Para pemain yang menjalani pemusatan latihan di Jakarta rencananya akan berangkat ke Dubai pada Senin (17/5) pukul 00.40 WIB.

Di Dubai, Timnas Indonesia akan melakoni tiga laga tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G dengan melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan terakhir melawan Uni Emirat Arab pada 11 Juni.

Selain menjalani tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia akan melakoni dua uji coba melawan Afganistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei.

[Gambas:Video CNN]

Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia ke Dubai:

1. Nadeo Argawinata (Bali United)
2. M Adi Satryo (PS Sleman)
3. Aqil Savik (Persib)
4. Andy Setyo (Tira Persikabo)
5. Rachmat Irianto (Persebaya)
6. Rizki Ridho (Persebaya)
7. Ryuji Utomo (Penang FC)
8. Nurhidayat Haji (PSM)
9. Elkan Baggot (Kings Lynn Town)
10. Firza Andik (Tira Persikabo)
11. Pratama Arhan (PSIS)
12. Rifad Marasabessy (Borneo FC)
13. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
14. Koko Ari (Persebaya)
15. Evan Dimas (Bhayangkara FC)
16. Ady Setiawan (Persebaya)
17. Kadek Agung (Bali United)
18. Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets)
19. Genta Alfaredo (Semen Padang)
20. Witan Sulaeman (FC Radnik Surdulica)
21. Adam Alis (Bhayangkara FC)
22. Egy Maulana (Lechia Gdansk)
23. Yakob Sayuri (PSM)
24. Osvaldo Haay (Persija)
25. Kushedya Yudo (Arema FC)
26. M Rafli (Arema FC)
27. Saddam Emiruddin (PS Sleman)
28. Braif Fatari (Persija)

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK