Izin Liga 1 Belum Terbit, LIB Tunggu Panggilan Menpora

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 14:40 WIB
PT. Liga Indonesia Baru menunggu panggilan Menpora Zainudin Amali setelah izin kompetisi Liga 1 2021 belum juga keluar hingga saat ini. PT LIB tunggu panggilan Menpora Zainudin Amali. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Hadian Lukita mengatakan, pihaknya menunggu panggilan Menpora Zainudin Amali setelah izin kompetisi Liga 1 2021 belum juga keluar hingga saat ini.

Hadian menyebut, izin yang sebelumnya diharapkan didapat pada awal Mei itu nyatanya belum juga dikeluarkan pihak kepolisian. Rencananya Liga 1 akan dimulai pada 3 Juli mendatang.

Izin Liga 1 2021 itu diharapkan keluar pada awal Mei, agar tim-tim peserta bisa segera memulai persiapan, termasuk dalam perekrutan pemain.


"Izin sampai saat ini belum keluar. Prinsipnya kami saat ini dalam posisi stand by termasuk koordinasi ke Kemenpora maupun ke Polisi," kata Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/5).

"Kami tinggal tunggu Pak Menteri undang kami untuk rakor membahas izin. Begitu juga ke Mabes Polri, karena laporan penyelenggaraan Piala Menpora kemarin sudah masuk," ucap Hadian menambahkan.

Saat ini LIB, lanjut Hadian Lukita, belum bisa menerka-nerka kapan izin akan dikeluarkan pihak kepolisian setelah surat permohonan masuk usai rampungnya turnamen pramusim Piala Menpora akhir April lalu.

"Kami juga harus mengerti kondisi lebaran ini konsentrasinya polisi masih sibuk di mudik dan arus balik. Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai, izin segera keluar. Kita tunggu saja lah," terangnya.

Pemain PSIS Semarang Rio Saputro (kanan) menghadang pemain Persipura Sylvano Comvalius (kiri) pada pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (1/3/2020). Persipura menang atas PSIS Semarang dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/wsj.Izin Liga 1 2021 diharapkan keluar pekan ini. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)

Sementara itu, LIB mengajukan dua opsi penyelenggaraan Liga 1 202/2021 yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Opsi pertama yakni tanpa penonton dan opsi kedua dengan penonton yang dibatasi.

Soal kajian yang diperintahkan Presiden Joko Widodo juga telah dilakukan LIB. Bagian Hadian Lukita untuk kajian awal dalam penyelenggaraan kompetisi dianggap sudah cukup.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

"Kalau diminta untuk memperdalam kajian, ya kami akan buat lagi. Nanti kan akan dibahas lagi bersama dengan Kementerian Kesehatan, Polisi, Satgas dan Kemenpora. Kami inginnya minggu-minggu ini [keputusan soal hasil kajian] tapi masih menunggu rakor [Rapat Koordinasi] digelar dulu," ucap Hadian Lukita.

[Gambas:Video CNN]

(ttf/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK