Rapor Shin Tae Yong Lawan UEA, Thailand, dan Vietnam

abd, CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 07:54 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong punya rapor bagus saat menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong punya rapor bagus saat bertemu UEA, Thailand, dan Vietnam. (Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong punya rapor bagus saat menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA), meski rapor itu tercipta saat Shin menjadi pemain Timnas Korea Selatan (Korsel).

Shin Tae Yong akan mendampingi Timnas Indonesia menghadapi UEA, Thailand, dan Vietnam pada pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pelatih asal Korsel itu sedikitnya telah mengetahui karakter permainan tim yang akan dihadapi Indonesia tersebut berdasarkan pengalamannya sebagai pemain.


Shin tercatat membela Timnas Korsel, tidak termasuk kategori usia, pada periode 1992-1997. Lelaki yang berposisi sebagai gelandang serang ini menjalani 23 caps dan melesakkan 3 gol.

Salah satu gol yang dilesakkan Shin bersama Korsel tercipta ke gawang Vietnam. Itu terjadi pada 11 Agustus 1996 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 1996. Dalam laga yang berlangsung di Ho Chi Minh itu Korsel unggul 4-0.

Itulah satu-satunya pengalaman Shin saat jumpa Vietnam. Adapun pengalaman melawan Thailand lebih banyak. Sepanjang kariernya membela Taeguk Warriors, Shin dua kali berhadapan dengan Gajah Putih.

Dari dua pertemuan itu hasilnya sekali menang dan imbang. Korsel yang dibela Shin unggul 2-1 pada 8 Agustus 1992, kemudian bermain imbang 0-0 pada 1 Juni 1997.

Untuk pertandingan melawan UEA lebih banyak lagi, yakni enam kali. Pertama kali Shin merasakan kekuatan sepak bola UEA pada 21 Oktober 1992. Dalam laga uji coba itu Korsel ditahan dengan skor 0-0.

Berikutnya dalam uji coba pada 19 September 1994, kembali berakhir dengan skor imbang 1-1. Adapun saat tampil dalam sebuah turnamen di UEA pada 19 Maret 1993, Korsel dipaksa menyerah dengan skor 2-3.

Untuk pertandingan resmi hasilnya dikuasai Korsel. Shin mempersembahkan dua kemenangan dan sekali imbang. Dua kemenangan itu tercipta saat Kualifikasi Piala Dunia 1998, dan hasil imbang didapat saat Piala Asia 1996.

Sementara itu, saat menjadi pelatih Korsel pada 2017-2019, Shin sama sekali tak pernah menghadapi Thailand, Vietnam, dan UEA. Ketiga negara ini bukan bagian dari program Shin menuju Piala Dunia 2018.

Sejumlah pesepak bola Timnas Senior melakukan pertandingan uji coba internal dalam latihan Timnas Senior Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dilakukan sebagai pesiapan Timnas Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Dubai pada 17 Mei 2021 dan dua laga sisa lainnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.Rapor Indonesia tak sebagus rapor Shin Tae Yong bertemu UEA, Thailand, dan Vietnam. (Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Sayangnya, rapor Timnas Indonesia saat jumpa Vietnam, Thailand, dan UEA, tak sebagus rapor Shin. Sepak bola Indonesia kalah digdaya dari tiga negara tersebut.

Dari 78 pertemuan saat jumpa Thailand, Indonesia meraih 25 kemenangan, 14 kali imbang, dan 39 kali kalah. Bisa dibilang, Thailand adalah musuh bebuyutan Indonesia dalam pentas regional Asia Tenggara.

Saat melawan Vietnam, terhitung sejak 1991 setelah Vietnam Selatan dan Republik Vietnam bersatu, Timnas Indonesia meraih 9 kemenangan, 9 kali imbang, dan 6 kali kalah dari 24 pertemuan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Melawan UEA, Indonesia 2 kali menang dan 3 kali kalah dari lima pertemuan. Hanya saja, jumlah kebobolan Indonesia lebih banyak, yakni 13 kali dan membobol gawang UEA hanya 8 kali.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan UEA (11/6) untuk Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Sebelum itu Indonesia melakoni uji coba melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK