Cadangan MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika Lebih Fokus ke 2022

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 20:24 WIB
MGPA terus berkonsentrasi untuk menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika untuk menggelar balapan MotoGP di 2022. Sirkuit Mandalika tetap berkonsentrasi untuk dipersiapkan menggelar MotoGP 2022. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto enggan berspekulasi terkait masih masuknya Sirkuit Mandalika dalam daftar cadangan untuk menggelar MotoGP 2021.

Saat ini, MGPA disebut Happy masih terus berkonsentrasi untuk menyelesaikan pembangunan sirkuit yang rencananya akan menggelar balapan MotoGP di 2022.

"Tidak ada yang berubah. Tetap 2022 MotoGP jalan [di Sirkuit Mandalika]. Kami konsentrasi di 2022. Tahun ini WSBK [World Superbike] di bulan November 12-14," kata Happy kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/5).


Dijelaskan Happy, pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat saat ini sudah memasuki masa akhir pembangunan. Presentase akumulatif pekerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika saat ini telah mencapai 70 persen.

Pekerjaan service road yang sudah teraspal hingga kini sudah sekitar 4.230 meter dari total 8.120 meter. Pengaspalan lapis pertama disebut sudah mencapai 4,3 kilometer.

Setelah pengaspalan lapis pertama selesai, kemudian dilakukan Asphalt Pavement Trial Site(APTS) sebelum dilakukan pengaspalan lapis kedua atau AC-Binder.

Jika hasil APTS sesuai spesifikasi, maka lapisan kedua segera dikerjakan yang kemudian disusul dengan pengaspalan lapisan terakhir atau surface SMA yang sudah sesuai dengan standar homologasi dari FIA dan ditargetkan rampung pada Juni 2021.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sebelumnya, MotoGP Indonesia yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika masih masuk daftar cadangan untuk rangkaian seri MotoGP 2021. Hal itu diketahui saat pihak MotoGP menyatakan pembatalan MotoGP Finlandia di laman resmi pada Jumat (14/5).

Dalam rilisnya, Sirkuit Mandalika ditempatkan sebagai sirkuit cadangan. Namun demikian, status MotoGP Indonesia akan bergantung pada homologasi atau penyesuaian standar kelayakan dari Dorna dan FIM (Federasi Motorsport Internasional).

Padahal dalam pemberitaan sebelumnya pada awal April lalu, MotoGP Indonesia dikatakan resmi tidak akan digelar pada 2021, melainkan pada 2022.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK