Nasib Kelas Ringan UFC Selepas Era McGregor dan Khabib

CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 05:12 WIB
Kelas ringan UFC kini dikuasai Charles Oliveira, namun, aura kebintangannya belum semegah era Conor McGregor dan Khabib Nurmagomedov. UFC kelas ringan diyakini tetap seru setelah era Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor. (Foto: AFP/Steven Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelas ringan UFC kini dikuasai Charles Oliveira setelah melumat Michael Chandler di UFC 262, Minggu (16/5). Namun, aura kebintangannya belum semegah era Conor McGregor dan Khabib Nurmagomedov.

Dari sisi bisnis buktinya. Penonton duel perebutan sabuk juara kelas ringan UFC antara Oliveira versus Chandler tak bisa menandingi pendapatan yang melibatkan McGregor dan Khabib.

Seperti diketahui, pendapatan pay-per-view (PPV) UFC 229 antara Khabib vs Conor McGregor masih yang tertinggi.


Duel Khabib vs McGregor di Abu Dhabi itu jadi rekor tertinggi dengan 2,4 juta PPV untuk ESPN+.

Bahkan, duel McGregor vs Poirier yang tak memperebutkan sabuk gelar juara dalam UFC 257 lebih menyedot perhatian. Dalam laporan Tapology disebutkan bahwa duel McGregor vs Poirier menghasilkan 1,6 juta PPV.

Itu dari sisi bisnis. Dari sisi teknis, duel Chandler kontra Oliveira terlalu dini. Pasalnya, kedua petarung bukanlah peringkat pertama, kedua, dan ketiga dalam ranking kelas ringan UFC.

Banyak kalangan sepakat duel Dustin Poirier lawan Justin Gaethje paling pas untuk menjadi pertarungan besar, karena merupakan unggulan teratas.

Namun, petarung MMA, Angga Han, berpikir sebaliknya. Petarung berjulukan The Hitman yang belum kalah dalam lima duel terakhirnya ini malah yakin persaingan di kelas ringan UFC akan makin seru.

"Persaingan kelas ringan UFC masih greget, karena masih banyak pemain baru yang prospek dan bisa menjadi calon masa depan," ucap Angga kepada CNN Indonesia pada Selasa (18/5).

Petarung One Pride yang ingin merambah industri international ini bahkan menyebut duel Chandler vs Oliveira paling menjual untuk kelas ringan UFC saat ini. Memang masih ada McGregor di kelas ringan UFC, tetapi pamornya mulai habis.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Hal senada diungkapkan Theo Ginting. Petarung One Pride ini menyebut kelas ringan UFC akan lebih variatif dan dinamis.

Menurut Theo, dalam beberapa tahun terakhir petarung kelas ringan UFC nyaris tak ada yang bisa menandingi Khabib.

"Makin seru [sekarang], karena semua contender deg-degan. Abis ini bakal rame banget sih, karena semua ketahan sam khabib. Menurut saya [duel Chandler vs Oliveira] it was one of the best match up," ujar Theo.

Beberapa petarung kelas ringan UFC kini dinilai punya potensi besar untuk lebih bersinar yaitu Beneil Dariush (peringkat ketiga), Islam Makhachev (peringkat ke-10), dan Gregor Gillespie (peringkat ke-11).

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK