Euro 2020: Momen Eks Wasit Premier League Kutuk Inggris

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 23:50 WIB
Mantan wasit Liga Inggris Mark Clattenburg mengaku pernah mengutuk timnas Inggris di Piala Eropa 2016 jelang dimulainya Euro 2020 (Euro 2021). Timnas Inggris disingkirkan Islandia di Euro 2016. (PAUL ELLIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan wasit Liga Inggris Mark Clattenburg mengaku pernah mengutuk timnas Inggris di Piala Eropa 2016 jelang dimulainya Euro 2020.

Pada Euro 2016, Clattenburg sempat berharap Inggris tersingkir di babak gugur agar wasit 46 tahun itu bisa memimpin laga final turnamen tersebut.

Asa Clattenburg tercapai. The Three Lions yang lolos dari Grup B sebagai runner-up di bawah Wales, secara mengejutkan kalah 1-2 dari Islandia di babak 16 besar.


Kekalahan Inggris dari Islandia itu membuka jalan bagi Clattenburg memimpin pertandingan final Eur 2016: Portugal vs Prancis.

Dikutip dari Sportbible, menurut Clattenburg setiap wasit akan berbohong jika tidak berharap negara mereka tersingkir agar membuka jalan menjadi petugas di laga semifinal atau final.

"Sebagai permulaan, Anda perlu Inggris tersingkir secepat mungkin. Saya penggemar berat Inggris, dan akan menyenangkan menyemangati mereka saat ini, karena pada 2016 saya ingin mereka membuka jalan bagi saya," ucap Clattenburg.

English referee Mark Clattenburg looks on during the Euro 2016 round of sixteen football match Switzerland vs Poland, on June 25, 2016 at the Geoffroy Guichard stadium in Saint-Etienne. / AFP PHOTO / MARTIN BUREAUMark Clattenburg kutuk timnas Inggris tersingkir dari Euro 2016. (AFP PHOTO / MARTIN BUREAU)

"Setiap wasit dari negara mana pun akan berbohong jika mereka mengatakan sebaliknya, kami semua ada di sana untuk mencoba melaju ke semifinal atau final," kata Clattenburg menambahkan.

Sebelum ditunjuk menjadi wasit di final Euro 2016, Clattenburg sempat khawatir mimpinya itu berakhir karena penampilan gemilang Wales.

Banner Euro 2020

Wales yang ketika itu dilatih Chris Coleman mencapai semifinal sebelum dikalahkan Portugal 2-0 yang menjadi juara Euro 2016.

"Jika mereka [Wales] mencapai final, impian saya akan berakhir. Jadi hidup saya sebagai wasit di turnamen besar seperti rollercoaster, saya hampir menangi ketika Wales mengalahkan Belgia di perempat final," tutur Clattenburg.

Di Euro 2020, timnas Inggris satu grup dengan Republik Ceko, Kroasia, dan Skotlandia di Grup D. Tim asuhan Gareth Southgate itu akan melakoni pertandingan pertama Euro 2020 melawan Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6) malam.

[Gambas:Video CNN]



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK