Euro 2020: Momen Inggris Hajar Skotlandia di Piala Eropa 1996

CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 21:30 WIB
Timnas Inggris memiliki momen bagus lawan Skotlandia di Piala Eropa 1996 jelang pertemuan kedua tim di Euro 2020 (Euro 2021), Sabtu (19/6) dini hari WIB. Inggris (putih) membutuhkan tiga angka untuk melangkah ke babak 16 besar. (Pool via REUTERS/ANDY RAIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Inggris memiliki momen menumbangkan Skotlandia di Piala Eropa 1996 jelang pertemuan kedua tim di Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, Sabtu (19/6) dini hari waktu Indonesia.

Duel Inggris vs Skotlandia ini sarat gengsi. Bagi Skotlandia, mengalahkan Inggris lebih penting dibandingkan dengan tim negara lain.

Kurang rutinnya penampilan Skotlandia di ajang besar seperti Piala Dunia maupun Euro, membuat persaingan dengan Inggris tidak terasa hebat.


Rivalitas Inggris dengan Skotlandia terasa berkurang pada akhir 1980-an. Setelah itu, The Three Lions lebih mementingkan duel melawan Jerman atau Argentina ketimbang bertemu Skotlandia.

Dalam sejarahnya, Inggris dan Skotlandia hanya sekali bertemu di putaran final turnamen besar. Pertemuan itu terjadi di fase grup Piala Eropa 1996.

Dalam pertandingan di Stadion Wembley pada 15 Juni 1996 waktu setempat tersebut, Skotlandia yang dilatih Craig Brown tumbang 0-2 dari Inggris yang ditangani Terry Venables.

Soccer Football - Euro 2020 - Group D - Scotland v Czech Republic - Hampden Park, Glasgow, Scotland, Britain - June 14, 2021  Czech Republic's Tomas Kalas in action with Scotland's Lyndon Dykes Pool via REUTERS/Andy BuchananSkotlandia wajib menang atas Inggris untuk menjaga peluang ke babak gugur. (Pool via REUTERS/ANDY BUCHANAN)

Tuan rumah Inggris harus menunggu hingga menit ke-53 untuk membobol gawang Skotlandia dan unggul 1-0. Keunggulan Inggris itu dicetak Alan Shearer lewat sundulan memanfaatkan umpan Gary Neville.

Skotlandia memiliki kesempatan menyamakan kedudukan ketika Gordon Durie dijatuhkan Tony Adams di kotak penalti pada menit ke-77.

Hanya saja, eksekusi penalti yang diambil Gary McAllister gagal berbuah gol. Tendangan McAllister ke sisi kanan gawang bisa ditepis David Seaman.

Inggris menggandakan keunggulan menjadi 2-0, satu menit usai kegagalan McAllister. Lewat serangan balik, Steve McManaman dan kawan-kawan mencetak gol kedua berkat gol spektakuler Paul Gascoigne di menit ke-79.

Banner Euro 2020

Usai menerima umpan terobosan Darren Anderton, Gascoigne mengecoh satu pemain belakang Skotlandia dengan melob bola. Setelah di kotak penalti, Gascoigne melepaskan tendangan kaki kanan yang tidak bisa dibendung kiper Andy Goram.

Di Euro 1996, perjalanan Inggris berakhir di babak semifinal usai kalah adu penalti dari Jerman. Sementara itu, Skotlandia lebih dahulu tersingkir usai gagal melewati fase grup.

Pada Euro 2020, Inggris membutuhkan kemenangan guna memastikan satu tempat di babak 16 besar. Sementara itu, Skotlandia pantang kalah apabila tetap ingin melangkah jauh di turnamen ini.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK