ANALISIS

Italia vs Wales: Gli Azzurri Mengejar Kesempurnaan di Euro

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 12:49 WIB
Timnas Italia mengejar hasil sempurna di fase grup saat menghadapi Wales pada laga terakhir Grup A Euro 2020 (Euro 2021). Timnas Italia tampil memikat di fase grup Euro 2020 (Euro 2021). (Pool via REUTERS/RICCARDO ANTIMIANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Italia bisa dipastikan tetap bernafsu memburu kemenangan saat bersua Wales pada laga terakhir Grup A Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (23/6).

Italia hanya membutuhkan dua laga untuk melapangkan jalan ke fase gugur. Berkat penampilan meyakinkan, Gli Azzurri berhasil mengalahkan Turki dan Swiss dengan skor identik 3-0.

Turki dan Swiss dibuat tidak berkutik oleh Italia. Skuad asuhan Roberto Mancini tampil nyaris tanpa cela sepanjang 90 menit.


Pertahanan Italia terbukti masih cukup solid saat Giorgio Chiellini cedera dan digantikan Francesco Acerbi pada laga melawan Swiss. Penampilan Manuel Locatelli juga semakin impresif di lini tengah dengan dua golnya ke gawang Swiss.

Di lini depan, Ciro Immobile terus unjuk ketajaman soal urusan membobol gawang lawan. Begitu pula dengan kinerja Domenico Berardi sebagai penyerang sayap kanan yang patut diapresiasi.

Soccer Football - Euro 2020 - Group A - Turkey v Italy - Stadio Olimpico, Rome, Italy - June 11, 2021 Italy's Ciro Immobile celebrates scoring their second goal Pool via REUTERS/Mike HewittCiro Immobile jadi mesin gol mematikan timnas Italia. (Pool via REUTERS/MIKE HEWITT)

Berkaca pada dua laga awal, hampir semua pemain Italia yang dimainkan Mancini bermain sesuai ekspektasi selayaknya sekumpulan pemain dari tim kandidat juara. Chiellini dan kawan-kawan datang dengan mentalitas yang tepat, memiliki rasa lapar untuk menang, dan didukung racikan taktik apik ala Mancini.

Rasa lapar akan kemenangan itu tampak semakin jelas saat Italia mengalahkan Swiss. Kendati sudah unggul 2-0, Italia belum merasa puas dan terus memburu gol ketiga hingga mendekati akhir pertandingan.

Banner Euro 2020

Gol itu pun datang dari kaki Immobile. Tendangan keras penyerang Lazio itu sedikit dari luar kotak penalti bersarang ke pojok kanan Swiss yang dikawal, Yann Sommer.

Rasa lapar dan tekad sapu bersih di fase grup itu bakal jadi ancaman buat Wales. Meski sudah lolos, Italia akan tetap memburu kemenangan karena mereka bukan tim yang senang bisa meraih satu poin.

Rotasi pemain yang kemungkinan bakal dilakukan Mancini juga tidak akan mengurangi daya ledak Italia di laga melawan Wales. Juara Piala Eropa 1968 itu masih punya banyak amunisi untuk mengalahkan The Dragons yang ikut memburu satu tiket ke 16 besar.

Italia masih punya Andrea Belotti dan Federico Chiesa di lini depan. Marco Verratti yang sejatinya langganan starter juga sudah dalam kondisi yang lebih baik, dan di lini belakang mereka punya pemain muda dengan mental juara yakni Alessandro Bastoni.

Baca lanjutan artikel ini di halaman berikutnya...

Wales Andalkan Koneksi Bale dan Ramsey

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK