ANALISIS

Euro 2020: Italia Tetap Hebat Saat Istirahat

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 06:47 WIB
Roberto Mancini mengistirahatkan pemain utama timnas Italia di laga terakhir Euro 2020 (Euro 2021) namun Gli Azzurri tetap hebat. Roberto Mancini mampu meramu Italia jadi tim yang solid bahkan ketika ia mengistirahatkan banyak pemain. (AP/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia --

Roberto Mancini memilih mengistirahatkan pemain utama pada laga lawan Wales di Euro 2020 (Euro 2021). Namun Italia tetap sukses menunjukkan kehebatan sepanjang laga.

Italia memang hanya mengakhiri laga lawan Wales dengan kemenangan tipis 1-0. Namun menilik jalannya laga, Italia benar-benar berhasil meredam permainan Wales.

Peluang paling berbahaya yang dimiliki Wales di laga itu mungkin hanya saat tendangan voli Gareth Bale di muka gawang melenceng dari sasaran dan Francesco Acerbi melakukan kesalahan yang membuat Aaron Ramsey sempat berdiri bebas namun gagal melakukan tendangan ke gawang.


Di luar itu, Italia nyaman menguasai pertandingan dan mendominasi penguasaan bola. Italia hanya menang tipis 1-0 lantaran banyaknya peluang yang gagal menjadi gol.

Italia total melepaskan 16 tembakan, enam di antaranya tepat sasaran. Namun hanya sontekan Matteo Pessina memanfaatkan umpan tendangan bebas Marco Verratti.

Pada akhirnya Mancini tidak perlu khawatir dengan kemenangan tipis 1-0 atau banyaknya peluang yang gagal dimanfaatkan menjadi gol. Semua itu tidak terlalu penting lantaran Mancini sudah berhasil mencapai target awal di babak penyisihan grup.

Wales' Gareth Bale, left, is fouled by Italy's Alessandro Bastoni during the Euro 2020 soccer championship group A match between Italy and Wales at the Stadio Olimpico stadium in Rome, Sunday, June 20, 2021. (Ryan Pierse/Pool via AP)Italia melakukan rotasi dalam laga melawan Wales. (Ryan Pierse/Pool via AP)

Italia berhasil mengunci status juara grup dan di atas kertas bakal menghadapi lawan yang lebih ringan di babak 16 besar. Kesuksesan itu ditambah bonus lain yang tak kalah penting, pemain-pemain utama Italia bisa beristirahat dan menjaga kondisi demi persiapan menuju babak 16 besar.

Tak sekadar mengistirahatkan para pemain, Mancini juga bisa memantau pemain-pemain yang belum mendapatkan kesempatan berlaga di dua pertandingan awal di Grup A Euro 2020.

Marco Verratti yang pada dua laga sebelumnya tak berlaga, mendapatkan kesempatan bermain dari Mancini. Di duel lawan Wales, Verratti menunjukkan kemampuan menahan bola dan mengatur irama permainan Italia.

Banner Euro 2020

Pemain lain yang menonjol di laga lawan Wales adalah Federico Chiesa. Chiesa berperan aktif dan agresif dalam tiap skema penyerangan Italia di laga lawan Wales.

Performa agresif Chiesa itu yang pada akhirnya membuatnya terpilih sebagai 'star of the match' di laga lawan Wales.

Belum lagi penampilan pemain-pemain lainnya macam Matteo Pessina, Federico Bernardeschi, hingga Emerson dan Rafael Toloi yang berusaha menekan dan menunjukkan performa terbaik di hadapan Mancini.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya...

[Gambas:Video CNN]

Italia Belum Ternoda

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK