Italia Diklaim Tiru Taktik Liverpool di Euro 2020

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 23:33 WIB
Timnas Italia bermain ofensif di Euro 2020 (Euro 2021) dan diklaim memakai strategi yang mirip dengan Liverpool asuhan Jurgen Klopp. Timnas Italia bermain impresif di Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Italia bersama Roberto Mancini diklaim meniru taktik Liverpool di ajang Euro 2020 (Euro 2021).

Italia tampil meyakinkan di tiga laga awal fase grup Euro 2020. Gli Azzurri menyapu bersih tiga kemenangan dan lolos ke 16 besar dengan status juara grup.

Italia lolos dengan nilai sempurna tanpa sekalipun kebobolan. Daya tarik lainnya dari Italia adalah racikan taktik Mancini yang membuat Giorgio Chiellini dkk tampil ofensif.


Rangkaian hasil positif itu membuat Italia mencetak 32 gol tanpa kebobolan dalam 11 laga terakhir yang berujung kemenangan. Tim pengoleksi satu gelar Euro itu juga kini tidak kebobolan dalam 1.055 menit dan menyamai rekor 30 kemenangan beruntun Italia yang diarsiteki Vittorio Pozzo.

Italia mengandalkan dua pemain berpengalaman, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini di jantung pertahanan. Sedangkan Jorginho bertugas sebagai gelandang jangkar.

Dilansir dari Mirror, sama seperti taktik Jurgen Klopp di Liverpool, Mancini fanatik formasi 4-3-3 dan menginstruksikan bek sayap rajin naik membantu serangan layaknya winger. Dua bek sayap, Giovanni Di Lorenzo dan Leonardo Spinazzola jadi sosok yang aktif membantu serangan dari dua posisi tersebut.

Peran keduanya mirip dengan Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson di skuad The Reds. Kedua pemain ini rajin naik membantu serangan dan tak jarang menusuk hingga ke kotak penalti.

Banner Euro 2020

Pergerakan dua bek sayap itu terbukti efektif dalam permainan Italia. Khususnya Spinazzola yang performa begitu menonjol sepanjang fase grup.

Sedangkan lima pemain Italia lainnya di lapangan dibiarkan bermain dengan bebas oleh Mancini. Gaya bermain ini tidak biasa untuk Italia yang lebih akrab dengan sepak bola pragmatis sejak lama.

Italia di Euro 2020 ini juga merupakan kombinasi pemain senior dan junior. Mancini juga berhasil meredam ego pemain dalam skuadnya karena tidak ada satu pun pemain yang merasa sebagai pemain bintang.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK