5 Pemain yang Belum Direstui PSSI buat Dinaturalisasi

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 15:38 WIB
PSSI menyatakan sampai saat ini belum memiliki rencana untuk melakukan naturalisasi pemain guna memperkuat Timnas Indonesia. Pesepakbola klub Feyenoord, Kevin Diks (kanan) belum mendapat restu PSSI untuk menjalani naturalisasi. (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sampai saat ini lima pemain keturunan Indonesia belum mendapatkan restu dari PSSI untuk menjalani proses naturalisasi.

Kelimanya saat ini sedang dalam tahap menanti panggilan dari PSSI supaya proses naturalisasi bisa segera dilaksanakan. Mereka adalah Kevin Diks, Sandy Walsh, Justin Hubner, Shayne Pattynama dan Ragnar Oratmangoen.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan belum ada rencana untuk kembali melakukan naturalisasi pemain. Terakhir kali pemain yang dinaturalisasi yakni Marc Klok, yang telah mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020.


PSSI, lanjut Yunus Nusi tidak ingin gegabah dan lebih selektif untuk melakukan naturalisasi pemain. Sekalipun sebenarnya naturalisasi bukan hal yang tabu.

"Kami enggak tabu sama naturalisasi, tapi kalau mau dinaturalisasi harus dapat rekomendasi dari pelatih, dari direktur teknik. Tapi juga naturalisasi yang menguntungkan untuk timnas. Sekarang belum ada lagi yang dinaturalisasi. Saat ini kita tunggu Shin Tae Yong," ujar Yunus Nusi dalam wawancara khusus bersama CNNIndonesia.com belum lama ini.

Berikut 5 pemain keturunan yang belum dapat restu PSSI untuk dinaturalisasi:

1. Kevin Diks

Kevin Diks merupakan pemain asal Belanda yang mempunyai darah Indonesia dari sang ibu. Diks, pemain Fiorentina saat ini sedang dipinjamkan ke Aarhus AGF, klub yang tampil di kasta tertinggi Liga Denmark sampai 30 Juni mendatang.

Diks, pemain berposisi bek berusia 24 tahun itu tercatat pernah main di Liga Champions bersama Feyenoord Rotterdam. Meski begitu sampai saat ini belum ada panggilan dari PSSI untuk memintanya bergabung untuk Timnas Indonesia.

2. Sandy Walsh

Hampir empat tahun lalu Sandy Walsh mengungkapkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Pemain keturunan Belanda-Indonesia itu bahkan sudah pernah datang langsung ke Jakarta dan berkunjung ke PSSI untuk mengungkapkan keinginannya tersebut.

Banner Euro 2020

Namun, sampai saat ini keinginan pemain 26 tahun itu belum juga terwujud. Bek yang mewarisi darah Indonesia dari sang ibu juga mengaku mendapatkan tawaran dari Pelatih Shin Tae Yong untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Sayang, harapan itu juga tidak terwujud karena ia tidak menyebut tidak mendapatkan izin dari Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

5 Pemain 'Indo' Belum Direstui PSSI Buat Naturalisasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK