PSSI Pastikan Ezra Walian Bisa Bela Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 15:47 WIB
Pemain naturalisasi Ezra Walian dipastikan bisa membela Timnas Indonesia usai mendapatkan restu dari FIFA. Ezra Walian bisa memperkuat Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain berdarah Belanda Ezra Walian dipastikan bisa membela Timnas Indonesia dalam ajang resmi FIFA pada Senin (14/6).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi memastikan striker Persib Bandung tersebut akan bisa tampil di ajang internasional melalui laman resmi PSSI.

"Arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," kata Yunus.


"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," ucap Yunus menambahkan.

Ezra resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia pada 2017. Namun, berubahnya paspor pemain binaan Ajax Amsterdam ini tak berjalan mulus. FIFA belum bisa mengesahkan dokumen yang diajukan PSSI.

Masalahnya, dalam dokumen yang diajukan PSSI ke FIFA tak ada berkas yang menyatakan ayah, ibu, kakek, atau nenek Ezra berdarah atau kelahiran Indonesia.

Sudah begitu, Ezra juga sempat membela timnas usia muda Belanda dalam ajang resmi. Hal ini membuat KNVB, konfederasi sepak bola Belanda, mengirim surat bukti bahwa Ezra pernah membela Die Oranje.

Persoalan Ezra yang terkatung-katung selama tiga tahun ini kembali menjadi perhatian PSSI setelah Malaysia bisa mendaftarkan pemain naturalisasinya, Dion Cools, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Banner Euro 2020

PSSI lantas bersurat kembali kepada FIFA dan meminta Ezra untuk memberikan berkas atau dokumen yang sah soal ayah, ibu, kakek, atau neneknya, benar-benar lahir di Indonesia.

Setelah dokumen diperoleh, yakni akta lahir ayah Ezra Walian, Glenn Walian di Indonesia, PSSI langsung bersurat ke FIFA. Setelah sepekan diproses, FIFA akhirnya memastikan Ezra bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi.

Mengenai pemain berdarah Indonesia lainnya yang saat ini berada di luar negeri dan berharap diperjuangkan PSSI, belum bisa dilakukan. PSSI baru akan bergerak setelah ada rekomendasi dari Shin Tae Yong.

"Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari pelatih Shin Tae Yong," ujar Yunus.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK