Skenario Klasemen Akhir Grup F Euro 2020

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 12:48 WIB
Empat kontestan Grup F Euro 2020, Prancis, Jerman, Portugal, dan Hungaria, masih bisa melangkah ke babak 16 besar. Prancis memimpin klasemen sementara Grup F Euro 2020. (Pool via REUTERS/BERNADETT SZABO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grup F Euro 2020 (Euro 2021) menghadirkan persaingan ketat dan sengit dengan kemampuan kompetitif keempat penghuni yang hingga kini masih berpeluang melangkah ke babak 16 besar.

Saat ini susunan klasemen Grup F Euro 2020 dipimpin Prancis yang mengoleksi empat poin. Sementara Jerman di posisi runner up dengan tiga poin, namun punya catatan keunggulan head to head atas Portugal yang menempati peringkat ketiga.

Sementara Hungaria yang menjadi juru kunci dengan satu poin ada di peringkat empat dan masih bisa melaju ke fase gugur.


Pertandingan Portugal vs Prancis dan Jerman vs Hungaria akan menjawab negara mana saja yang akan lulus dari grup neraka.

Prancis kini menjadi satu-satunya negara dari Grup F yang sudah dipastikan melangkah ke babak 16 besar. Kemenangan melawan Portugal akan membuat Les Bleus memastikan jadi juara grup. Langkah lain Prancis menjadi pemimpin klasemen akhir adalah bermain seri dan Jerman tidak mengalahkan Hungaria.

Jika Prancis kalah dan Hungaria menang, maka peringkat kedua akan ditentukan dari selisih gol secara keseluruhan.

[Gambas:Video CNN]

Jerman hanya butuh satu syarat untuk lolos ke 16 besar, yakni tidak kalah dari Hungaria. Jerman bakal duduk di puncak klasemen jika menang atas Hungaria dan Prancis kalah atau seri saat jumpa Portugal.

Sementara Die Mannschaft akan menduduki peringkat ketiga jika bermain imbang dengan Hungaria dan Prancis kalah dari Portugal, atau jika mereka dan Portugal sama-sama kalah di laga terakhir.

Sama seperti Jerman, Portugal juga hanya sekadar butuh satu poin untuk menjaga kans mempertahankan gelar juara. Peringkat pertama bukan hal mustahil, jika Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan bisa mengalahkan Prancis dan Jerman tak bisa menang lawan Hungaria.

Tetapi Portugal masih bisa terjerumus ke posisi buncit jika kalah dari Prancis dan Jerman juga kalah dari Hungaria.

Sedangkan Hungaria yang baru meraih satu poin wajib menang untuk masuk babak 16 besar. Jika bisa menang dan Prancis kalah, maka peringkat kedua akan ditentukan oleh selisih gol secara keseluruhan. Hungaria akan menduduki peringkat ketiga jika menang dan di saat yang sama Portugal vs Prancis berakhir imbang.

Banner Euro 2020

Klasemen Grup F Euro 2020 Saat Ini

1. Prancis 4
2. Jerman 3
3. Portugal 3
4. Hungaria 1

(nva/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK