Inggris vs Jerman: Kesempatan Southgate Tebus Dosa Masa Lalu

ptr, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 23:12 WIB
Gareth Southgate punya kesempatan menebus dosa masa lalu dalam duel Inggris Jerman di 16 Besar Euro 2020 (Euro 2021). Gareth Southgate bakal memimpin Inggris menghadapi Jerman di 16 besar Euro 2020. (Pool via REUTERS/FRANK AUGSTEIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Jerman pernah jadi mimpi buruk untuk pelatih timnas Inggris Gareth Southgate. Kini ia punya kesempatan menghapusnya dalam duel 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Southgate adalah sosok penendang penalti yang gagal di duel Jerman vs Inggris pada semifinal Euro 1996. Lantaran kegagalan tersebut, Inggris tak bisa melanjutkan perjalanan ke final.

Kegagalan Inggris di Euro 1996 itu merupakan salah satu penyesalan terbesar 'Three Lions'. Pasalnya Inggris bermain apik di gelaran turnamen tersebut.


Bertindak sebagai tuan rumah, Inggris juga punya sejumlah bintang berkualitas yang membuat mereka dijagokan jadi juara. Karena itu kegagalan penalti Southgate terasa menyesakkan, terlebih akhirnya Jerman bisa jadi juara.

Southgate kini punya kesempatan untuk menebus dosa di masa lalu saat memimpin Inggris sebagai pelatih di Euro 2020 (Euro 2021). Inggris akan bertemu Jerman di 16 besar.

Soccer Football - Euro 2020 - Group D - Czech Republic v England - Wembley Stadium, London, Britain - June 22, 2021 England's Jordan Henderson celebrates with teammates after scoring a goal which is later disallowed Pool via REUTERS/Laurence GriffithsInggris lolos dengan status juara grup D Euro 2020. (Pool via REUTERS/LAURENCE GRIFFITHS)

Seperti halnya saat Southgate gagal mengeksekusi penalti 25 tahun lalu, duel Inggris vs Jerman juga akan kembali berlangsung di Stadion Wembley.

Inggris datang ke babak 16 besar Euro 2020 dengan performa apik di lini pertahanan. Inggris tak kebobolan dalam tiga laga yang mereka lakoni.

Meski demikian, Inggris masih butuh kerja keras di lini depan karena sejauh ini hanya menghasilkan dua gol yang semuanya dicetak oleh Raheem Sterling.

Banner Euro 2020

Sementara itu Jerman juga tidak terlalu meyakinkan dalam perjalanan mereka ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Jerman kalah dari Prancis di laga perdana dan baru menunjukkan level terbaik di laga lawan Portugal. Pada duel terakhir lawan Hungaria, Jerman kembali kesulitan dan harus puas dengan hasil imbang 2-2.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK