Euro 2020: Inggris Disarankan Pakai 5 Bek Lawan Jerman

CNN Indonesia | Jumat, 25/06/2021 01:12 WIB
Timnas Inggris disarankan memakai lima bek dengan formasi 5-2-3 saat menghadapi Jerman di 16 Besar Euro 2020 (Euro 2021). Inggris akan menghadapi Jerman di babak 16 Besar Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Laurence Griffiths)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pemain timnas Inggris, Gary Neville menyarankan pelatih The Three Lions Gareth Southgate bermain defensif memakai formasi 5-2-3 saat melawan Jerman di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Neville mengatakan Southgate sebaiknya mengganti formasi empat bek sejajar dengan formasi 5-2-3. Dengan formasi itu, Neville menilai Inggris bisa mengandalkan Reece James dan Luke Shaw sebagai wing back.

Neville pun meminta Southgate memilih di antara Jack Grealish atau Phil Foden yang bermain sejak menit pertama. Legenda Manchester United itu juga meyakini Southgate harus memainkan Bukayo Saka sebagai starter saat bersua Jerman di Stadion Wembley, London, Selasa (29/6).


Di posisi bek tengah, trio Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire jadi pilihan Neville. Kalvin Philips dan Declan Rice menempati posisi gelandang jangkar, sedangkan Raheem Sterling dan Saka mendukung pergerakan Harry Kane di lini depan.

"Saka dan Sterling bermain di posisi yang lebih tinggi melawan bek tengah Jerman. Rice/Philips ke Kroos/Gundogan," tulis Neville melalui akun Twitternya seperti dilansir Daily Mail.

Banner Euro 2020

Pilihan formasi dan komposisi pemain yang dibuat Neville direspons oleh Jack Wilshere. Mantan pemain Arsenal itu mempertanyakan pilihan pemain Neville yang tidak memasukkan satu pun di antara Grealish atau Foden sebagai starter.

"Tidak ada Grealish atau Foden. Pemain Inggris paling bertalenta dan kreatif. Setidaknya satu harus main! Mungkin Grealish untuk membantu kita menahan bola dan membawanya ke depan," kicau Wilshere.

Bentrok Inggris vs Jerman akan jadi duel klasik antara dua tim yang punya rivalitas panjang di Euro 2020. Sejauh ini, kedua tim sudah bertemu 32 kali dengan Inggris meraih 13 kemenangan, 15 kali kalah, dan empat laga berakhir imbang.

[Gambas:Video CNN]

(jal/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK