UEFA Resmi Hapus Gol Tandang di Liga Champions

jun, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 21:11 WIB
UEFA mengumumkan regulasi gol tandang di Liga Champions dan Liga Europa akan dihapuskan mulai musim 2021/2022. UEFA hapus regulasi gol tandang di Liga Champions dan Liga Europa. (REUTERS/DAVID RAMOS)
Jakarta, CNN Indonesia --

UEFA mengumumkan regulasi gol tandang di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions akan dihapuskan. Aturan ini mulai berlaku di musim 2021/2022.

Regulasi gol tandang telah digunakan selama lebih dari setengah abad lamanya. Namun, kini aturan tersebut tidak akan lagi menentukan di fase gugur di Liga Champions dan Liga Europa. Hal yang sama juga berlaku untuk kompetisi klub di level eropa lainnya, termasuk di sepak bola wanita maupun usia muda.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menjelaskan bahwa aturan tersebut saat ini sudah bertentangan dari tujuan awal. Aturan tersebut dianggap menghambat tim untuk bermain sepak bola menyerang.


Keputusan tersebut diambil Komite Eksekutif UEFA berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak Bola Wanita UEFA.

"Komite Eksekutif UEFA hari ini telah menyetujui proposal untuk menghapus gol tandang dari semua kompetisi klub UEFA pada babak kualifikasi di kompetisi musim 2021/2022," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Aturan gol tandang semula diterapkan untuk menentukan pemenang dalam pertandingan sistem gugur dengan format dua leg. Tujuannya membedakan jumlah gol agregat yang sama dalam dua pertandingan.

Banner Euro 2020

Dalam kasus tersebut, tim yang telah mencetak jumlah gol tandang lebih banyak dianggap sebagai pemenang dan lolos ke babak selanjutnya meski berakhir dengan skor imbang.

Sebagai gantinya, UEFA akan menerapkan perpanjangan waktu 2x15 menit di akhir leg kedua jika kedua tim mengoleksi jumlah gol yang sama. Adu penalti bakal jadi jalan terakhir untuk menentukan tim yang lolos ke fase selanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK