Hasil Copa America: Uruguay Lolos Usai Tekuk Bolivia

CNN Indonesia | Jumat, 25/06/2021 05:54 WIB
Uruguay berhasil memetik kemenangan perdana di Copa America 2021 dengan menaklukkan Bolivia 2-0. Selebrasi pemain Uruguay saay menghadapi Bolivia. (REUTERS/MARIANA GREIF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Uruguay berhasil lolos ke babak 8 besar Copa America 2021 usai menaklukkan Bolivia 2-0 pada pertandingan ketiga Grup A di Stadion Pantanal, Cuiaba, Brasil, Jumat (25/6) pagi WIB. 

Gol Uruguay tercipta lewat gol bunuh diri bek Bolivia Jairo Quinteros pada menit ke-40 dan Edinson Cavani di menit ke-79.

Pada babak pertama, Uruguay banyak membuang peluang Emas. Luis Suarez dan kawan-kawan hanya mampu mencetak satu gol pada menit ke-40 lewat gol bunuh diri bek Bolivia Jairo Quinteros.


Di babak kedua, kedua tim tidak menurunkan tempo serangan. Uruguay tampak masih agresif dalam memburu gol tambahan. Sedangkan, Bolivia masih belum menyerah untuk mengejar ketertinggalan.

Sayangnya, penyelesaian akhir yang tidak maksimal membuat Uruguay beberapa kali gagal untuk menambah keunggulan.

Pada menit ke-51, Edinson Cavani yang berdiri tanpa kawalan mendapatkan peluang emas di depan gawang Bolivia, sayang sontekannya masih dapat oleh diblok kiper Bolivia.

Tidak lama berselang, Giorgian de Arrascaeta mendapatkan kesempatan emas setelah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Bolivia, tapi sayang bola masih dapat diadang kiper Bolivia.

Uruguay kembali memberikan ancaman lewat Luis Suarez yang melakukan tembakan jarak jauh memanfaatkan kejeliannya melihat kiper Bolivia yang berdiri jauh dari gawangnya. Tapi, bola tendangan jarak jauh Suarez masih dapat ditepis kiper lawan.

Pada menit ke-66, Uruguay kembali melakukan tekanan kepada Bolivia, kali ini lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Rodrigo Bentancur. Namun, tembakannya masih dapat diblok dengan sempurna oleh kiper Bolivia.

Cavani kembali mendapatkan peluang emas setelah tandukannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Bolivia pada menit ke-70. Tercatat ini merupakan peluang emas keempat yang didapatkan Cavani dalam pertandingan ini.

Peluang emas kembali didapatkan Uruguay pada menit ke-76, setelah pemain sayap Uruguay Facundo Torres gagal memaksimalkan umpan silang dari rekannya setelah sontekannya masih terlalu lemah sehingga mudah diamankan kiper Bolivia.

Akhirnya, pada menit ke-79, Cavani berhasil memecah kebuntuannya lewat sontekan tajam meneruskan umpan terukur Facundo Torres dan membuat skor berubah menjadi 2-0.

Banner Euro 2020

Permainan terbuka Bolivia membuat Uruguay leluasa untuk melancarkan serangan. Kerja sama apik Suarez dan Cavani pada menit ke-82 nyaris membuat Uruguay menambah skor setelah penyelesaian akhir Cavani masih dapat diblok kiper Bolivia.

Tembakan keras Facundo Torres dari dalam kotak penalti yang masih tipis berada di atas mistar gawang Bolivia di menit ke-84 menambah catatan peluang Uruguay.

Kemenangan Uruguay ini sekaligus memastikan mereka lolos ke babak delapan besar Copa America 2021. Sebaliknya, kekalahan ini menutup peluang Bolivia untuk lolos ke 8 besar lantaran menghuni posisi juru kunci Grup A dengan tiga kekalahan dari tiga pertandingan.

Susunan Pemain Bolivia vs Uruguay:

Bolivia (4-5-1): Carlos Lampe; Erwin Saavedra, Jairo Quinteros, Adrian Jusino, Roberto Fernandez, Jeyson Chura, Ramiro Vaca, Leonel Justiniano, Moises Villarroel, Juan Carlos Arce; Rodrigo Ramalio

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Nahitan Nandez,Jose Gimenez, Diego Godin, Matias Vina; Federico Valverde, Matias Vecino, Nicolas De La Cruz, Giorgian de Arrascaeta ; Edinson Cavani, Luis Suarez

(rhr/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK