Meski SEA Games Ditunda, Menpora Pastikan Pelatnas Lanjut

CNN Indonesia | Senin, 12/07/2021 22:46 WIB
Menpora Zainudin Amali memastikan pelatnas tetap jalan meskipun SEA Games 2021 di Vietnam ditunda akibat pandemi Covid-19. Ilustrasi pelatnas lifter Indonesia. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memastikan pemusatan latihan nasional (pelatnas) tetap jalan meskipun SEA Games 2021 di Vietnam ditunda akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda

Menpora sebelumnya telah menerima surat resmi penundaan SEA Games 2021 dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC). Dalam surat tersebut, NOC juga menyampaikan permohonan supaya pelatnas tetap jalan.

"Dalam pembahasan tadi, kami memang benar dalam perencanaan anggaran di Kemenpora bahwa bantuan pemerintah itu diberikan dalam rangka peningkatan prestasi olahraga nasional."


"Oleh karena itu, memungkinkan untuk latihan tetap ada apalagi di depan kita akan menghadapi Asian Games dan cabor [cabang olahraga] yang ikut di SEA Games dan Asian Games tidak ada perbedaan, mayoritas ikut di Asian Games. Sejalan dengan itu latihan akan tetap dilakukan tapi tentu kita akan melihat dan membicarakan kembali dengan induk cabor yang akan kita komunikasikan ke NOC," kata Menpora Amali usai memimpin rapat koordinasi virtual pasca penundaan SEA Games 2021, Senin (12/7).

Terkait anggaran, Menpora menegaskan bahwa dalam perencanaan disebutkan bantuan pemerintah untuk prestasi tidak tertuju pada satu event atau multievent. Oleh karena itu, secara umum anggaran dari sisi administrasi perencanaan anggaran tidak ada masalah.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat memberikan keterangan di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021.Menpora Zainudin Amali memastikan pelatnas berjalan terus guna menghadapi ajang-ajang internasional pada tahun depan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Di sisi lain, di dalam perencanaan anggaran Kemenpora juga harus mempersiapkan diri untuk tampi di Asian Games dan Asian Para Games di mana sebagian cabor yang akan tampil di SEA Games juga akan tampil di multievent olahraga level Asia tersebut.

Banner Euro 2020

"Cabor di SEA Games yang tidak ada di Asian Games juga masih bisa lanjut karena SEA Games kan hanya ditunda, bukan dihentikan. Jadi kita bisa jalaln secara paralel tapi tidak akan terjadi double penganggaran."

"Kita jaga betul, apalagi tadi pagi kita baru menerima hasil pemeriksaan laporan keuangan untuk tahun 2020. Alhamdulillah kedua kalinya kita mendapatkan status WTP [Wajar Tanpa Pengecualian]. Jadi kalau sudah kami putuskan jalan, secara administrasi aman dan tidak ada masalah," tegasnya.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya...

Sederet Ajang Olahraga Menanti Setelah Olimpiade 2020

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK