Kevin/Marcus, Harapan Terbesar Indonesia di Olimpiade

ptr, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 17:51 WIB
Kevin/Marcus adalah harapan terbesar Indonesia meraih emas Olimpiade Tokyo 2020 bila menghitung peluang di atas kertas. Kevin/Marcus jadi unggulan pertama nomor ganda putra di Olimpiade Tokyo 2020. ( ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon adalah harapan terbesar Indonesia meraih emas Olimpiade Tokyo 2020 bila menghitung peluang di atas kertas.

Kevin/Marcus adalah ganda putra nomor satu dunia sejak tahun 2017. Sejak saat itu, Kevin/Marcus bergelimang gelar juara di seri turnamen BWF tiap tahunnya.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Kevin/Marcus datang dengan status unggulan nomor satu. Mereka berada satu grup bersama dengan Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) peringkat tiga dunia, Ben Lane/Sean Vendy (Inggris Raya) yang merupakan peringkat ke-18 dunia dan peringkat 10 dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.


Dari segi teknik bermain, Kevin/Marcus merupakan ganda putra yang menakutkan bagi lawan. Mereka unggul 3-0 dalam head to head lawan Lee/Wang dan tak pernah kalah dalam delapan duel lawan Rankireddy/Shetty.

Sedangkan untuk Ben Lane/Sean Vendy, duel di Olimpiade nanti adalah duel perdana di antara mereka berdua.

Kevin/Marcus juga sudah pernah menjawab tantangan berprestasi di ajang multi event. Pada Asian Games 2018, Kevin/Marcus berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.Kevin/Marcus tak pernah bermain secara penuh di sebuah turnamen selama pandemi covid-19. (Dok. Humas PBSI)

Di atas kertas, beban Kevin/Marcus sedikit berkurang dengan kehadiran Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ahsan/Hendra merupakan ganda unggulan kedua yang terbilang bakal berbagi beban yang sama dengan Kevin/Marcus untuk meraih emas.

Namun status unggulan pertama yang dimiliki Kevin/Marcus bukan tanpa kendala. Pandemi covid-19 sejak 2020 membuat turnamen BWF tidak bergulir secara rutin.

Kevin/Marcus termasuk pemain yang lama tidak tampil di turnamen BWF. Mereka sudah lama tak menjajal kekuatan lawan dan para pesaing utama dalam perburuan emas Olimpiade.

Kevin/Marcus tak tampil di rangkaian tiga seri turnamen di Thailand dan hanya sekali tampil di All England 2021 karena Tim Indonesia terpaksa kalah WO lantaran jadi close contact orang positif covid-19 di penerbangan.

Banner Testimoni

Tetapi di sisi lain, hal itu juga bisa jadi sisi positif bagi Kevin/Marcus. Para penantang tidak mengerti kekuatan terkini dari Minions lantaran mereka belum lagi bertanding secara penuh selama pandemi covid-19.

Tak hanya itu, Kevin/Marcus datang ke Olimpiade dibekali dengan rasa lapar yang besar. Olimpiade Tokyo 2020 bisa jadi pelampiasan amukan mereka yang sudah lama merindukan turnamen dan persaingan di lapangan.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK