Korea Selatan Protes Teriakan Chen Qing Chen di Olimpiade

ptr, CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 08:26 WIB
Asosiasi Badminton Korea Selatan bakal mengajukan protes resmi pada BWF terkait teriakan Chen Qing Chen di Olimpiade Tokyo 2020. Asosiasi Badminton Korea Selatan bakal mengajukan protes resmi terkait teriakan Chen Qing Chen. (Pool via REUTERS/LINTAO ZHANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Badminton Korea Selatan bakal mengajukan protes resmi pada Badminton World Federation (BWF) terkait teriakan Chen Qing Chen di Olimpiade Tokyo 2020.

Chen Qing Chen, bersama Jia Yi Fan berhasil memenangkan duel melawan wakil Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee-yong di fase grup ganda putri badminton Olimpiade. Dikutip dari CNN, Asosiasi Badminton Korea Selatan bakal melayangkan protes resmi pada BWFatas aksi Chen QingChen di laga tersebut. 

Usai kalah di gim pertama pada laga tersebut, Chen Qing Chen kerap kali berteriak saat mendapatkan poin sepanjang pertandingan. Chen/Jia pun kemudian keluar sebagai pemenang di akhir pertandingan.


Cuplikan Chen Qing Chen saat berteriak 'wo cao' yang dianggap setara dengan kalimat 'f**k' pun menjadi viral.

Atas kontroversi tersebut, Chen Qing Chen sudah memberikan penjelasan. Menurut Chen Qing Chen, teriakan tersebut adalah bentuk untuk membakar semangat sendiri dan bukan untuk lawan.



"Sejatinya teriakan itu hanya penyemangat untuk diri sendiri usai mendapatkan angka. Saya juga akan coba menyesuaikan [pengucapan] teriakan saya," tutur Chen Qing Chen.

Chen Qing Chen bukan satu-satunya atlet yang terkenal dengan teriakan seperti itu. Sebelummya, lifter Shi Zhiyong juga viral karena terbiasa berteriak dengan kata tersebut dalam latihan keseharian.

Chen/Jia pada akhirnya harus puas mendapat medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Medali emas nomor ganda putri dimenangkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Greysia/Apriyani menaklukkan Chen/Jia dengan skor 21-19, 21-15 di babak final.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK