Formula E dan Perbedaan dengan Formula 1

CNN Indonesia
Selasa, 31 Aug 2021 18:57 WIB
Rencana Pemprov DKI menjadi tuan rumah Formula E terus menjadi polemik. Sebenarnya apa itu Formula E dan apa perbedaan dengan Formula 1? DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah gelaran ajang balap Formula E. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah gelaran ajang balap Formula E terus menjadi polemik. Sebenarnya apa itu Formula E dan perbedaan dengan Formula 1?

Formula E merupakan ajang balap mobil listrik kursi tunggal dengan daya yang telah diatur. Kejuaraan ini pertama kali digagas pada 2011 oleh Jean Todt dan musim perdananya digelar di Beijing, China pada September 2014.

Sejak kali pertama digelar, Formula E berstatus sebagai Kejuaraan Dunia atau setara dengan Formula 1. Ajang ini juga telah disetujui dan masuk dalam kalender Federasi Otomotif Internasional (FIA).


Balapan ini digelar untuk bisa mengangkat industri mobil listrik sekaligus sebagai usaha untuk mendukung pengurangan emisi karbon dioksida dan menggantinya dengan listrik yang dianggap lebih hemat bahan bakar.

Saat ini, Kejuaraan Formula E diperebutkan oleh dua belas tim dengan masing-masing diisi dua pembalap. Tuan rumah penyelenggara biasanya menggelar balapan di jalan utama yang disulap menjadi sirkuit dengan panjang lintasan bervariasi mulai 1,9 km sampai 3,4 km.

Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap Formula E 2020Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap Formula E 2020. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

Dalam pelaksanaannya, Formula E digelar selama dua hari termasuk dengan dua kali latihan bebas sebelum balapan. Dalam sesi kualifikasi, peserta balap dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing terdiri dari enam orang.

Masing-masing grup diberi waktu enam menit untuk mencetak waktu putaran terbaik mereka. Kelompok pertama terdiri atas 6 pembalap teratas, diikuti kelompok berikutnya yang terdiri atas 6 pembalap teratas berikutnya, dan seterusnya sampai yang tercepat akan memulai balap dari pole position.

Balapannya sendiri berdurasi 45 menit ditambah 1 putaran. Di empat musim pertama, para pembalap wajib melakukan pit stop untuk mengganti mobil.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Namun, dengan diperkenalkannya mobil Gen2, hal ini tidak diperlukan lagi, karena baterai mobil dapat bertahan sampai akhir balapan.

Karena Formula E menggunakan ban yang dirancang untuk bertahan sampai balapan selesai, pit stop normalnya hanya dilakukan untuk mengganti ban yang pecah atau memperbaiki badan mobil. Dalam balapan, daya maksimal dibatasi menjadi 200 kW (268bhp).

Bersambung ke halaman berikutnya...

Mobil Formula 1 Lebih Cepat dari Formula E

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER