Liga 2: Dibagi 4 Grup, Disiarkan Langsung Setiap Hari

CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 00:59 WIB
Liga 2 2021 digelar 26 September hingga 19 Desember dengan 24 kontestan dibagi ke dalam 4  grup dengan format pertandingan double round robin. Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan semua klub sepakat dengan format yang ditawarkan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liga 2 2021 dijadwalkan berlangsung mulai 26 September hingga 19 Desember 2021, dengan 24 kontestan dibagi ke dalam empat grup, format pertandingan double round robin atau kompetisi penuh, dan akan disiarkan langsung.

Hal tersebut diumumkan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) setelah menggelar managers meeting pada Kamis (16/9). Kegiatan ini dihadiri semua perwakilan klub dan perwakilan PSSI.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, semua klub sepakat dengan format yang ditawarkan. Setelah managers meeting ini PT LIB akan langsung melakukan konsultasi dengan pemerintah untuk memastikan waktu kick-off bisa digelar.


"Secara umum dari managers meeting ini mereka [klub] siap melaksanakan Liga 2 yang akan kita gelar mulai 26 September, mudah-mudahan tidak ada perubahan sampai 19 Desember," kata Sudjarno dalam jumpa pers secara virtual.

"Skemanya kita buat 4 grup, masing-masing grup 6 tim. Untuk penyisihan grup terdiri dari dua putaran dengan double round robin. Masing-masing tim main 10 kali. Ranking terakhir masing-masing grup akan degradasi," ujarnya.

Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak delapan besar. Untuk babak delapan besar, semifinal, dan final akan diambil alih PT LIB. Nantinya lokasi babak gugur ini akan menyesuaikan situasi dan kondisi.

Sudjarno juga memastikan undian grup dari PT LIB diterima oleh semua klub. Pembagian grup ini menyesuaikan geografi. Karena itu untuk putaran pertama hak tuan rumah diberikan kepada Sriwijaya FC, Martapura Dewa United, Persis, dan Kalteng Putra.

Setelah putaran pertama, tuan rumah babak penyisihan grup akan ditentukan kembali. Ini menyesuaikan status PPKM dari pemerintah sekaligus memberi kesempatan kepada klub lain menjadi tuan rumah.

Selain izin, salah satu pekerjaan PT LIB sebelum menjalankan kompetisi adalah memastikan semua klub Liga 2 2021 tanpa utang. Salah satunya adalah Kalteng Putra. PT LIB memastikan soal tunggakan ini akan rampung sebelum kick-off.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menjelaskan Liga 2 2021 kemungkinan besar berlangsung pada tengah pekan. Konsepnya, akhir pekan (Jumat-Minggu) untuk Liga 1 dan tengah pekan (Senin-Kamis) untuk Liga 2.

"Untuk sponsor Liga 2 masih dalam pembicaraan yang belum final. Mudah-mudahan sebelum kick-off bisa kami umumkan. Broadcaster juga dalam pembicaraan. Yang jelas, Liga 2 akan live, mohon doa mohon dukungan. Akan live tiap hari," kata Lukita.

Banner Live Streaming MotoGP 2021



Pembagian Grup dan Tuan Rumah Liga 2 2021/2022

Grup A (Stadion Jakabaring): Sriwijaya FC, PSPS Riau, AS Abdi 3 Naga, Semen Padang FC, Babel United
Grup B (Stadion Madya): Martapura Dewa United, Perserang, Rans Cilegon FC, Badak Lampung, PSKC, Persekat
Grup C (Stadion Manahan): Persis, Persijap, PSCS, PSIM Yogyakarta, Hizbul Wathan, PSG Pati
Grup D (Stadion Tuah Pahoe): Kalteng Putra, Mitra Kukar, Persiba, Sulut United, PSBS Biak, Persewar

[Gambas:Video CNN]



(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK