Egy Masuk Kategori Pemain Langka di FK Senica

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 07:11 WIB
Egy Maulana Vikri termasuk pemain langka di FK Senica karena tercatat masih aktif membela tim nasional (timnas). Egy Maulana Vikri sudah menjadi langganan Timnas Indonesia saat masih berusia belasan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Egy Maulana Vikri termasuk pemain langka di FK Senica. Pemain 21 tahun ini merupakan satu-satunya pemain di klub berusia 100 tahun tersebut yang masih aktif membela tim nasional (timnas).

Winger berkaki kidal ini terakhir kali membela Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Agustus lalu. Dalam tiga pertandingan itu: melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, Egy menyumbang satu assist.

PSSI telah menyatakan kemungkinan memanggil Egy kembali untuk pertandingan play-off Piala Asia 2023 melawan Taiwan, Oktober mendatang. Kebetulan agenda tersebut masuk dalam kalender FIFA sehingga Egy bisa dilepas.


Sejatinya ada satu pemain Senica lain yang juga masih langganan membela timnas, yakni Kris Twardek. Namun Twardek tak masuk daftar panggil timnas Kanada pada periode Agustus-September. Ia terakhir kali dipanggil pada 10 Juli 2021.

Pemain 24 tahun ini pun baru punya satu caps bersama Kanada. Pemain muda terbaik Kanada 2017 ini menjalani debutnya pada 29 September 2017. Twardek tampil sebagai pemain pengganti saat Kanada takluk 0-1 dari El Salvador.

Sisanya, dari 30 pemain Senica musim ini, tak ada lagi yang masih aktif membela timnas. Hanya ada beberapa nama yang sempat membela timnas kategori usia. Umumnya mereka membela timnas kategori U-16 dan U-19.

Mereka adalah Filip Orsula (Slovakia U-19 dan U-21), Petr Pavlik (Ceku U-16 hingga U-20), Lukas Kucera (Slovakia U-16 dan U-19), Ioannis Niarchos (Yunani U-16), dan Christopher Khaleel Goslin (Amerika Serikat U-17).

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Dengan demikian, Egy menjadi satu-satunya pemain berlabel timnas di FK Senica. Sebelum memperkuat Timnas Indonesia di level senior, Egy juga menjadi langganan di level kelompok umur.

Sementara ketika masih bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk, situasinya tak jauh berbeda. Mayoritas pemain tidak pernah memperkuat timnas, namun ada beberapa nama yang sempat terdaftar dalam laga internasional. Dusan Kuciak asal Slovakia, dan Omran Haydary dari Palestina adalah beberapa pemain Lechia yang punya pengalaman membela timnas.

[Gambas:Video CNN]



(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK