Khabib Nurmagomedov, Si Rendah Hati Anomali McGregor

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 17:57 WIB
Khabib Nurmagomedov adalah sosok petarung UFC yang rendah hati dan punya perangai berkebalikan dengan Conor McGregor. Conor Mcgregor gemar memprovokasi Khabib Nurmagomedov. (Steven Ryan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petarung UFC kadang melakukan trash talk atau mengumbar kata-kata kasar demi rating. Namun itu tak berlaku pada Khabib Nurmagomedov yang hari ini ulang tahun ke-33.

Ketika ikon UFC Connor McGregor dikenal dengan kata-kata kasarnya, Khabib malah sebaliknya. Ia tampil tenang dan tak berapi-api. Pembawaannya yang santai namun tegas malah membuatnya semakin dicintai para penggemar mixed martial art (MMA).

Khabib lahir di Sildi, Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia pada 20 September 1988. Ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov merupakan mantan tentara Uni Soviet dan guru utama Khabib dalam merintis karier di dunia tarung campuran ini.


Pemilik sabuk hitam Sambo ini memulai karier MMA pada September 2008. Dengan kualitas gulat mumpuni dan didukung fisik yang kuat, Khabib tak terkalahkan dalam 16 pertarungan MMA. Hal ini membuat UFC mengontraknya.

Lewat sang ayah sebagai pelatih dan agen, kontrak enam laga UFC ditandatangani. Dalam debutnya di Octagon, Khabib mengalahkan Kamal Shalorus, petarung yang lebih berpengalaman, via submission di ronde ketiga pada 20 Januari 2012.

Enam laga kontrak UFC lantas dilibas dengan kemenangan. Gleison Tibau, Thiago Tavares, Abel Trujillo, Pat Healy, dan Rafael dos Anjos dibuat tak berdaya. Hal ini membuat bos UFC Dana White terkesima dengan talenta dan bakatnya.

Kepada MMA Weekly, Dana White menyebut Khabis sebagai petarung yang unik. Karakter duelnya disebut mirip Matt Hughes. Dengan gaya bertarungnya yang sederhana dan tenang itu Dana White yakin Khabib akan menjadi petarung besar UFC.

"Khabib mengingatkan saya pada Matt Hughes tua, di mana dia akan menabrak seorang melintasi Octagon dan membantingnya. Anak itu mengasyikkan. Kami mungkin akan melakukannya melakukan hal-hal besar dengan anak ini," kata White pada 26 November 2013.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Nama Khabib pun makin dikenal. Pengamat MMA mulai meyakini Khabib bakal menjadi juara kelas ringan UFC. Untuk mencapai ke sana banyak petarung yang harus ia kalahkan, seperti Eddie Alvarez dan Conor McGregor.

Pada awal-awal kariernya ini di UFC ini Khabib kedapatan mengumbar kata-kata kasar walau masih wajar. Give Me Games mencatat, Khabib sangat jarang mengumbar kata kasar di luar Octagon. Ia lebih 'banyak bicara' di dalam Octagon.

Salah satunya saat bertarung dengan Michael Johnson dalam UFC 205. Di tengah duel dengan Johnson Khabib berkali-kali mengumbar pesan kepada lawannya agar menyerah. Dalam laga itu Johnson akhirnya menyerah via submission pada ronde ketiga.

"Menyerahlah Michael, menyerahlah Mike," kata Khabib kepada Johnson. "Kami harus menyerah Mike. Saya ingin meraih gelar juara. Kamu tahu itu, aku pantas meraih gelar. Saya katakan pada semua orang, saya layak. Hey, saya menginginkan gelar."

Baca lanjutan artikel ini di halaman berikutnya>>>

Khabib Sukses Bungkam Mulut Besar McGregor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK