Shin Tae Yong Jawab Kritik Seslija soal Timnas Indonesia

jun, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 17:30 WIB
Shin Tae Yong menjawab kritik pelatih PSM Makassar Milomir Seslija terkait pemilihan skuad Timnas Indonesia. Shin Tae Yong jawab kritik pelatih PSM Makassar Milomir Seslija. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Tae Yong menjawab kritik pelatih PSM Makassar Milomir Seslija soal program latihan fisik di Timnas Indonesia.

Awalnya Seslija mengkritik Shin Tae Yong selepas pertandingan PSM melawan Persebaya pada Sabtu (18/9) malam. Dalam jumpa pers setelah menang 3-1 itu Seslija ditanya soal fakta tak ada pemain PSM yang dipanggil Shin ke timnas Indonesia.

Dengan lugas dan keras Seslija mengkritik Shin. Baginya, Shin kurang beradaptasi dengan karakter Indonesia. Kritik-kritik Seslija itu lantas diunggah Shin lewat Instagram. Shin menghimpun kritik dari mantan pelatih Arema FC itu dari pemberitaan media.


"Menurut saya terlalu banyak latihan fitnes di timnas. Padahal pemain-pemain Indonesia itu lahir dengan kebugaran yang bagus. Apakah pelatih-pelatih timnas tak melihat pertandingan di sini [PSM], talenta yang ada sekarang," kata Seslija.

"Pelatih Timnas Indonesia membawa apa yang dia mau menjadikannya seperti pemain-pemain Korea. Seharusnya dia adaptasi dengan semua yang ada di Indonesia. Dia harus lakukan pendekatan yang berbeda," ujar Seslija menambahkan.

Merasa terketuk dengan kritik tersebut, Shin lantas membuat tulisan jawaban. Pertama Shin mengucapkan terima kasih atas kritik terbuka pelatih asal Yugoslavia tersebut, sebagai bukti ia turut memperhatikan.

"Menurut saya sepak bola itu sangat dibutuhkan fisik dasar. Saya menilai para pemain Indonesia pasti akan menjadi jauh lebih baik, jika para pemain dapat meningkatkan fisik," kata Shin dengan bahasa Indonesia di Instagram.

"Skil individu para pemain Indonesia sangat baik tetapi jika meningkatkan kemampuan fisik, pasti sepak bola Indonesia akan menjadi lebih kuat. Sekali lagi terima kasih atas pendapat yang diberikan oleh coach Milo," ujarnya.

Timnas Indonesia mulai melakukan persiapan untuk pertandingan play-off Piala Asia 2023 mulai Senin (20/9) sore ini di Stadion Madya, Senayan. Shin memanggil 36 pemain yang merupakan kombinasi pemain muda dan berpengalaman.

Hingga kini belum diketahui tanggal pasti dan lokasi Timnas Indonesia akan bertanding melawan Taiwan. Menurut PSSI hingga kini AFC belum memastikan waktu dan tempat. Yang pasti pertandingan ini akan berlangsung pada Oktober 2021.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK