5 Tanda Barcelona Terpuruk Tanpa Messi

abd | CNN Indonesia
Jumat, 24 Sep 2021 12:46 WIB
Ditinggal Lionel Messi ke PSG, Barcelona terlihat tanpa daya di Liga Spanyol. Setidaknya ada lima tanda mengapa Blaugrana akan terpuruk musim ini. Barcelona terpuruk tanpa Lionel Messi. (AFP/CRISTINA QUICLER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ditinggal Lionel Messi ke PSG, Barcelona terlihat tanpa daya di Liga Spanyol. Setidaknya ada lima tanda mengapa Blaugrana akan terpuruk musim ini.

Barcelona mengalami masa-masa jaya bersama Messi. Namun ada kalanya pula kesulitan. Hengkang atau pensiunnya pemain-pemain kunci, seperti Carles Puyol, Andres Iniesta, hingga Xavi Hernandez sempat membuat Barcelona goyah.

Namun kehilangan-kehilangan sebelumnya selalu bisa teratasi. Selain dengan pergantian pelatih, Messi tampil menjadi 'dewa' penyelamat tim. Saat tim sedang terpuruk, Messi menjelma jadi pemain yang menginspirasi.


Kini Messi sudah hengkang dan kerumitan masalah internal Barcelona seperti tak terbendung. Berikut ini adalah lima tanda tersirat bahwa Barcelona akan terpuruk di Liga Spanyol maupun Liga Champions musim ini:

1. Keluar dari Zona Eropa

Saat ini Sergio Busquets dan kawan-kawan bertengger di peringkat tujuh sementara Liga Spanyol setelah ditahan imbang Cadiz, Jumat (24/9) dini hari WIB. Barcelona mengumpulkan sembilan poin dari lima pertandingan. Klub asal Catalunya ini meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang.

Dengan berada di peringkat ketujuh, Barcelona berada di luar zona Eropa. Berdasarkan koefisiensi UEFA, Liga Spanyol punya enam jatah ke kompetisi Eropa. Empat tim langsung ke Liga Champions dan dua lainnya ke Liga Europa dan Conference League.

Ini menjadi salah satu musim terburuk Barcelona dalam dua dekade terakhir. Biasanya, Barcelona selalu bertengger di zona Eropa atau enam besar pada awal musim. Karenanya situasi ini membuat fan klub resah dan gelisah.

2. Baru Mencetak 8 Gol

Lini depan Barcelona pun masuk angin. Dari lima pertandingan baru mengoleksi delapan gol. Padahal saat ada Messi jumlah gol tim peringkat ketiga Liga Spanyol musim lalu ini selalu mencetak dua digit gol dari lima laga.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Bahkan sepanjang 17 musim membela Barcelona di kasta tertinggi, Messi memimpin daftar pencetak gol klub pada awal musim, kecuali pada musim 2004/2005 dan 2005/2006. Itu adalah musim awal Messi muda dan belum banyak dapat jam terbang.

Saat ini pemain tersubur Barcelona adalah Memphis Depay, Martin Braithwaite, dan Sergi Roberto. Ketiganya sama-sama mengoleksi dua gol. Belum ada sosok yang bisa menjadi mesin gol, walau Depay sempat dijadikan tumpuan harapan.

Sebagai pembanding, top skor Liga Spanyol saat ini adalah penyerang Real Madrid Karim Benzema yang sudah mengoleksi 8 gol. Artinya Benzema setajam satu tim Barcelona.

Baca lanjutan artikel ini di halaman kedua >>>

Barcelona Tertinggal dari Real Madrid

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER