Anthony Ginting Jaga Momentum Olimpiade di Piala Sudirman

jun, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 13:56 WIB
Anthony Sinisuka Ginting optimistis bisa menjaga momentum medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 saat tampil di Piala Sudirman 2021. Anthony Ginting ingin jaga momentum Olimpiade Tokyo 2020 di Piala Sudirman 2021. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, optimistis bisa menjaga momentum medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 saat tampil di Piala Sudirman 2021.

Ginting berhasil meraih medali Olimpiade di sektor tunggal putra setelah penantian 17 tahun. Indonesia kali terakhir merebut medali lewat Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro yang meraih emas dan perunggu di Olimpiade Athena 2004.

Kini, Ginting menjadi ujung tombak untuk meraih poin kemenangan di Piala Sudirman 2021. Pebulutangkis 24 tahun itu yakin momentum positif di Olimpiade Tokyo bisa dijaganya di Vantaa, Finlandia, meski tetap harus mewaspadai lawan.


"Tentu saja [Olimpiade] masih ada dalam ingatan kami. Ini merupakan kebanggaan besar bagi kami karena Olimpiade motivasi nomor satu bagi setiap atlet," kata Ginting dilansir situs BWF, Senin (27/9).

"Tapi setelah kami bersama berlatih lagi untuk turnamen ini, kami harus melupakannya [Olimpiade] dan kembali ke diri kami sendiri untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengejar gelar juara," ujar Ginting menambahkan.

Diketahui, Tim Indonesia punya target besar untuk mengembalikan supremasi kejayaan bulutangkis beregu di Piala Sudirman. Pasalnya, terakhir kali Indonesia menjadi juara Piala Sudirman yakni pada edisi perdana di 1989 dan itu menjadi satu-satunya gelar yang dimiliki Indonesia.

"Kami ingin mengembalikan gelar [Piala Sudirman ke Indonesia]. Ini tidak akan mudah, tapi bukan tidak mungkin. Kami harus mencoba menikmati setiap pertandingan. Apa pun bisa terjadi, tidak peduli berapa banyak kemenangan dan kekalahan sebelumnya," ungkapnya.

Ginting juga yakin dengan kekuatan tim yang dibawa ke Piala Sudirman. PBSI memboyong 20 pemain dengan komposisi campuran pemain senior dan empat pemain muda untuk tampil di Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia.

Ginting sudah melakoni pertandingan pertamanya di Piala Sudirman 2021 dengan mengalahkan wakil Rusia, Ivan Sozonov 21-8, 21-18 di Energia Areena, Minggu (26/9) malam. Kemenangan itu sekaligus menjadi sumbangan poin pertama untuk kemenangan 5-0 Indonesia atas Rusia di fase Grup C.

"Saya rasa tim ini seimbang dan kami sudah berlatih bersama di Jakarta. Saya merasa berada di puncak performa dan saya yakin kami akan melakukan yang terbaik," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(ttf/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK