3 Pembalap Motor Meninggal di 2021

abd, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 06:18 WIB
Sebanyak tiga pembalap motor mengalami kecelakaan serius yang berujung kematian di sepanjang 2021. Dean Berta Vinales kecelakaan serius di World Supersport 300 di Jerez. (REUTERS/CIRO DE LUCA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahun 2021 kiranya jadi salah satu bulan duka dunia balap motor dunia. Setidaknya ada tiga insiden balap yang berujung kematian sepanjang 2021.

Insiden balapan berujung kematian tahun ini sejatinya bukan yang tertinggi. Tahun duka dunia balap dunia tercatat pada 1951 dan 1970. Pada 1951 ada enam insiden berujung kematian sedangkan pada 1970 ada tujuh kasus.

Bedanya pada dua tahun duka tersebut jatuh banyak korban karena kecelakaan beruntun. Maksudnya, satu kecelakaan mengakibatkan adanya korban lain yang jatuh hingga tewas di lintasan balap.


Dari sekitar 107 insiden balap berujung meninggal selama 1949 hingga 2021, 36 di antaranya terjadi di Isle of Man TT Mountain Course. Lintasan balap yang sudah tiga kali dipugar itu hingga kini masih beroperasi.

Selama beberapa tahun terakhir, sejak 3 Juni 2016, nyaris tak ada insiden yang berujung kematian. Berikut ini adalah tiga pembalap yang meninggal dunia pada 2021.

1. Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales yang tampil di Pembalap Supersport 300 meninggal secara tragis pada Sabtu (25/9) petang WIB. Itu menimpa Berta setelah kecelakaan dalam balapan World Supersport 300 di Jerez.

Sepupu Maverick Vinales, pembalap MotoGP, itu menjadi salah satu dari lima pembalap yang terlibat dalam tabrakan di Tikungan kedua pada lap ke-11 bersama Alejandro Carrion, Daniel Mogeda, Harry Khouri, dan Yeray Ruiz.

Akibat kecelakaan itu balapan langsung dihentikan dengan bendera merah. Karenanya pembalap Kawasaki, Jeffrey Buis, dinyatakan sebagai pemenang. Ini berdasarkan hasil putaran terakhir yang diselesaikan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Tak hanya itu, panitia lantas memutuskan untuk mengakhiri kejuaraan yang berlangsung. Panitia juga membatalkan balapan WSBK dan World Supersport yang dijadwalkan digelar pada sore hari waktu Spanyol tersebut.

Ini adalah musim perdana Berta Vinales di WorldSSP 300. Ia bergabung dengan Yamaha di dalam tim Vinales Racing Team. Ini adalah tim yang dikelola oleh keluarga Vinales dan didirikan oleh ayahnya Maverick Angel.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikutnya>>>

Kecelakaan Menyasar Pembalap Muda

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK