Menko Airlangga Persilakan Liga 2 Digelar di Luar Jawa-Bali

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 12:07 WIB
Menko Perekonomian sekaligus koordinator PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali, Airlangga Hartarto, mempersilakan Liga 2 2021 di luar Jawa-Bali. Liga 2 2021 mendapat izin digelar di luar Pulau Jawa dan Bali. (Dok. AHHA PSG Pati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus koordinator PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali, Airlangga Hartarto, mempersilakan PSSI untuk menggelar Liga 2 2021 di Kalimantan dan Sumatera.

Selain di Pulau Jawa, operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) juga menyebut gelaran Liga 2 2021 rencananya juga bakal berlokasi di Pekanbaru, Palembang, Balikpapan dan Palangkaraya sesuai hasil drawing dan pembagian grup yang telah dilakukan.

Airlangga mengatakan sepak bola merupakan ajang penting jelang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Meski efek sepak bola dari segi ekonomi jadi berbeda karena digelar tanpa penonton dan digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.


"Live streaming jadi hiburan bagi masyarakat, dalam situasi pandemi masyarakat diminta untuk di rumah. Jadi kami apresiasi dan mempersilakan menyelenggarakan [Liga 2 di luar Pulau Jawa-Bali]," kata Airlangga dalam konferensi pers, Selasa (28/9).

"Kegiatan dilakukan di empat kota: Palembang, Pekanbaru yang PPKM level 2 dan relatif lebih terkendali. Balikpapan dan Palangkaraya PPKM Level 3. Untuk tingkat Provinsi, Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur Level 1. Tentu ini jadi perhatian," ucap Airlangga.

Sebelumnya LIB telah melakukan drawing bersama 24 klub peserta Liga 2. Hasilnya 24 klub dibagi menjadi empat grup dengan dua pembagian wilayah, yakni Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.

Persis Solo vs AHHA PSG Pati di Liga 2 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9).Persis Solo vs AHHA PSG Pati jadi laga pembuka Liga 2 2021. (Dok. AHHA PSG Pati)

Grup A yang dihuni PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang FC, PSMS Medan dan Babel United akan digelar di Stadion Gelora Jakabaring dengan Sriwijaya FC sebagai tuan rumah untuk putaran pertama.

Martapura Dewa United juga menjadi tuan rumah putaran pertama Grup B yang digelar di Stadion Madya, Senayan, dengan penghuni grup PSKS Cimahi, Rans Cilegon United, Badak Lampung FC, Perserang Serang dan Persekat Tegal.

Grup C yang digelar di Stadion Manahan, Solo, menjadikan Persis Solo sebagai tuan rumah. Tergabung di Grup C Liga 2 yakni PSCS Cilacap, Persijap Jepara, PSIM Yogyakarta, Hizbul Wathan FC dan AHHA PSG Pati.

Terakhir Grup D yang digelar di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, dengan tuan rumah Kalteng Putra. Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Sulut United, PSBS Biak dan Persewar Waropen sebagai penghuni grup.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan kedatangan langsung ke Kantor Menko Perekonomian sebagai bentuk permohonan izin untuk menggelar Liga 2 2021 di luar Pulau Jawa dan Bali.

"Hari ini kami di kantor Menko Perekonomian berkenaan kami akan menggelar Liga 2 di luar Pulau Jawa-Bali. Ini harus dilakukan karena kondisi extraordinary. Beberapa harus kita lewati, termasuk ke Kemenkes dan BNPB. Karena ini mau di luar Jawa tentu kami harus minta izin dan sudah kami jelaskan dan kami paparkan. Semua progres kami laporkan ada beberapa arahan yang harus kami lanjuti. Semoga Liga 2 bisa berjalan lancar di luar Jawa," ucap Iriawan.

Liga 2 2021 sudah resmi dibuka dengan laga Persis Solo vs AHHA PSG Pati di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9). Persis menang 2-0 di laga pembuka.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK