Presiden Jokowi Minta Ada Penonton di WSBK Mandalika

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 13:38 WIB
Presiden Jokowi meminta gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika bisa disaksikan langsung 25 persen penonton. Sirkuit Mandalika akan menggelar Superbike WSBK pada November mendatang. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bisa disaksikan langsung 25 persen penonton.

Hal itu diungkapkan Airlangga di sela pembahasan perizinan kompetisi Liga 2 2021 di luar Pulau Jawa-Bali bersama Menpora Zainudin Amali dan PSSI di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (28/9).

"Kita juga ada Superbike [WSBK] di Mandalika. Kami sedang cek karena arahan Presiden [Jokowi] ada penonton 20 sampai 25 persen dan syaratnya masyarakat di sekitar tempat pelaksanaan kegiatan sudah disuntik dua kali [vaksin Covid-19]," ucap Airlangga yang juga Koordinator PPKM luar Jawa-Bali.


"Dosis pertama di sana sudah 70 persen, suntikan kedua sedang ditingkatkan. Tinggal jaga keamanan di pertandingan. Ini Jadi tantangan tersendiri dari segi keamanan dan kesehatan," ujar Airlangga.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika rencananya bakal digelar pada 19-21 November mendatang. Sesuai keputusan FIM (Federation Internationale de Motcyclisme) bersama DWO (Dorna WorldSBK Organization) jadwal itu mundur sepekan dari 12-14 November karena pertimbangan logistik pengiriman barang dan bentrokan jadwal dengan seri terakhir gelaran MotoGP yang berlangsung di Valencia pada 14 November.

Sementara itu untuk gelaran kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, Airlangga mengatakan telah meminta Menpora Zainudin Amali untuk melakukan pengkajian meski untuk prototipe jumlah yang kecil. Meski begitu ia memastikan sampai saat ini Liga 1 maupun Liga 2 digelar tanpa penonton.

"Sekarang full tanpa penonton. Sambil berjalan akan diuji, dites dan dievaluasi sambil menunggu hasil evaluasi Pekan Olahraga Nasional [PON] di Papua. Kita lihat efek ke depannya seperti apa, karena Liga 2 ini bergulir sampai Desember," ucap Airlangga.

Di sisi lain menanggapi kemungkinan Liga 1 dan Liga 1 dengan penonton, Menpora Amali mengatakan arahan Menko Perekonomian untuk melakukan kajian adalah sebuah tantangan. Kemenpora dan PSSI akan melihat perkembangan ke depan sambil menunggu hasil dari kajian yang akan dilakukan.

"Ini tantangan dari Menko Perekonomian dan PSSI bagaimana melihat perkembangan ke depan supaya ada penonton di pertandingan. Kami akan diskusikan, hasilnya akan kami laporkan kembali ke Pak Menko," ucap Menpora.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK