PT LIB Imbau Bobotoh Tiru Aksi The Jakmania dan Bonek

jun, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 23:30 WIB
PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengimbau bobotoh atau suporter Persib Bandung meniru aksi protes elegan dari fan Persija (The Jakmania) dan Persebaya (Bonek). Ilustrasi Bobotoh, suporter Persib Bandung. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengimbau Bobotoh atau suporter Persib Bandung meniru aksi protes elegan dari fan Persija (The Jakmania) dan Persebaya (Bonek).

Bobotoh menjadi sorotan di media sosial setelah aksi pencegatan bus rombongan pemain Persib, Senin (27/9) malam, menjadi viral.

Tindakan mencegat bus tersebut dilakukan seusai Persib bermain imbang 0-0 saat menghadapi Tira Persikabo dalam lanjutan Liga 1 2021 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.


Hadian Lukita menilai aksi fan Persib berlebihan dan bisa merusak kepercayaan pemerintah kepada PSSI dan PT LIB untuk menggelar kompetisi Liga 1 di masa pandemi.

"Tidak pantaslah seperti itu, suporter harus lebih dewasa. Sangat disayangkan kejadian seperti itu dan mohon untuk diperhatikan lagi tindakannya karena bisa merusak ketertiban masyarakat dan merusak kepercayaan yang telah diberikan pemerintah kepada PSSI dan LIB untuk menggelar Liga di kondisi seperti ini."

"Dalam sepak bola kekalahan itu wajar, jangan baperan. Apalagi baru lima pertandingan. Semua juga berharap menang, tapi ini sepak bola ada kalah, menang, dan seri. Cara protesnya juga bisa lebih elegan, seperti yang dilakukan suporter Persebaya atau Persija kemarin," ucap Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.com.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono juga meminta dukungan positif dan suporter.

"Bobotoh sebenarnya masih bisa memberikan dukungan kepada Persib di ranah digital dengan memberikan komentar positif dan konstruktif yang akan membuat para pemain tampil lebih semangat dan lebih baik lagi," imbuhnya.

"Persib tidak pernah berkompetisi untuk berada di posisi kedua, ketiga, atau keempat, kami di sini bersaing untuk memperebutkan trofi juara, demi kebanggaan bersama. Kompetisi masih panjang. Sekarang, kami semua harus bekerja lebih keras dan bersaing sampai akhir kompetisi."

Insiden pengadangan bus Persib diunggah akun Twitter @persib_world, Selasa (28/9). Dari video tersebut tampak terjadi di flyover Pasupati Kota Bandung.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Terlihat sejumlah Bobotoh melakukan penutupan jalan dengan menggunakan sepeda motor. Tak hanya itu, massa juga tampak menyalakan suar di jalan raya sebelum akhirnya berhasil dibubarkan polisi.

Sementara itu, hasil imbang melawan Tira Persikabo jadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut bagi Persib. Sebelumnya, pasukan Robert Alberts ini juga ditahan imbang 2-2 oleh 10 pemain Bali United dan imbang tanpa gol saat lawan Borneo FC.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, kekecewaan juga sempat dialami suporter Persija dan Persebaya setelah kedua tim kesulitan meraih kemenangan. Tapi, kedua suporter tim tersebut mengekspresikan kekecewaan dengan mengirimkan karangan bunga kepada manajemen.

Aksi tersebut bertujuan untuk menyentil manajemen terhadap hasil minor yang diraih tim idola mereka.

(ttf/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK