November, Peluang Baggott Kembali ke Timnas Indonesia

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 10:01 WIB
Pemain Ipswich Town, Elkan Baggott berpeluang memakai kembali kostum Timnas Indonesia saat berlangsungnya FIFA Matchday. Elkan Baggott telah membantah tak ingin membela Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain Ipswich Town, Elkan Baggott berpeluang memakai kembali kostum Timnas Indonesia saat berlangsungnya FIFA Matchday pada November mendatang.

Sesuai kalender pertandingan internasional FIFA, matchday terakhir tahun ini untuk tim nasional tiap negara akan berlangsung 8-16 November mendatang. FIFA Matchday ini bakal dimanfaatkan seluruh tim untuk menggelar pertandingan, tak terkecuali Indonesia.

Timnas Indonesia dikabarkan akan menggelar laga uji coba melawan Tajikistan. Namun, realisasi mengenai rencana laga uji coba ini masih butuh tindak lanjut dari federasi, dalam hal ini PSSI.


Rencana Timnas Indonesia menggelar uji coba saat FIFA Matchday membuka peluang bagi Baggott kembali ke Timnas Indonesia. Baggott terakhir kali membela timnas saat melakoni pemusatan latihan dan laga uji coba bersama Timnas Indonesia U-19 di Kroasia pada 2020 lalu.

Setelah itu, sosok Baggott tidak lagi hadir dalam pemusatan latihan atau laga uji coba yang digelar Timnas Indonesia maupun timnas kelompok umur.

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan sempat mengklaim Baggott enggan membela Timnas Indonesia. Klaim itu diungkapkan Iriawan setelah pertemuan dengan Menpora, Zainudin Amali membahas evaluasi Liga 1 dan Liga 2, 22 Oktober lalu.

"Elkan Baggott itu sudah dihubungi beberapa kali tetapi tampaknya tidak ingin membela timnas kita. Kita sayangkan. Dulu waktu mau masuk U-19 ngejar-ngejar kita, tapi sekarang ditawari timnas yang ada, mereka tidak ada respon," kata Iriawan saat itu.

Namun, klaim Iriawan telah dibantah oleh Baggott. Melalui surat elektronik kepada Sekjen PSSI Yunus Nusi, Baggott mengatakan alasan tidak bergabung dengan Timnas Indonesia karena kondisi pandemi Covid-19.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

"Pertama saya ingin mengucapkan permintaan maaf mendalam karena tidak menghadiri pemusatan latihan di Dubai. Alasannya ketika itu adalah pemerintah Inggris dan klub [Ipswich Town] menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi Covid di Dubai sangat buruk," tulis Baggott.

Baggott sangat besar kemungkinannya kembali memperkuat Timnas Indonesia jika dipanggil oleh Shi Tae Yong pada November mendatang. Hal ini lantaran setiap klub diwajibkan untuk melepas pemainnya ke timnas saat FIFA Matchday.

Selain bisa jadi ajang Baggott kembali ke Timnas Indonesia, laga uji coba penting untuk mendongkrak posisi di ranking FIFA. Indonesia sendiri mengalami kenaikan ranking yang signifikan berkat dua kemenangan atas Taiwan dalam dua laga play off Piala Asia 2023 dan kini menempati posisi ke-165.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER