Momen Indonesia Hancurkan Myanmar

CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 13:39 WIB
Timnas Indonesia memiliki momen menghancurkan Myanmar jelang pertemuan kedua tim dalam pertandingan uji coba, Kamis (25/11) malam WIB. Timnas Indonesia diharapkan tampil lebih baik saat melawan Myanmar. (Arsip PSSI)

Di babak kedua, Timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Tim Merah Putih berhasil menambah dua gol dalam tempo sembilan menit untuk membuat keunggulan menjadi 3-0.

Gol kedua Timnas Indonesia dicetak Budi Sudarsono usai memanfaatkan umpan terobosan Firman Utina.

Pada menit ke-54, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol ketiga lewat Arif Suyono usai memanfaatkan umpan terobosan Ilham Jaya Kesuma.

Lalu, pada menit ke-78 Bambang Pamungkas  berhasil melengkapi kemenangan Indonesia  menjadi 4-0 usai mengakhiri rangkaian kerja sama yang dibangun Erol Iba dan Firman Utina.

Kemenangan 4-0 atas Myanmar itu membuat Timnas Indonesia memastikan diri menjadi juara Grup A Piala Kemerdekaan 2008.

Selain kemenangan di Piala Kemerdekaan 2008, Timnas Indonesia juga pernah dua kali menang dengan skor telak lawan Myanmar.

Indonesia pernah menang 6-1 atas Myanmar pada pertandingan Grup A Piala Tiger (Piala AFF) 1996 di Singapura, 9 September 1996.

Lalu, Indonesia juga pernah menghancurkan Myanmar 6-2 pada laga Grup A Piala Tiger (Piala AFF) 1998 di Ho Chi Minh, 29 Agustus 1998.

Tak pelak, Timnas Indonesia pun diharapkan bisa kembali mengulang momen indah tersebut saat kembali bentrok melawan Myanmar pada Kamis (25/11) malam.

Pertandingan uji coba ini merupakan rangkaian persiapan Timnas Indonesia dan Myanmar sebelum tampil di Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021) yang akan digelar awal Desember 2021 di Singapura.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyebut skuadnya harus meningkatkan kualitas permainan jika ingin memenangkan laga uji coba kedua di Turki melawan Myanmar, Kamis (25/11).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut tak mau lagi melihat lagi Timnas Indonesia mengulang kesalahan seperti saat dikalahkan Afghanistan 0-1, 16 November lalu.

Menurut Shin, saat itu Evan Dimas dan kawan-kawan tidak tampil prima dan menyia-nyiakan banyak peluang untuk mencetak gol.

Shin juga menyoroti masalah fisik pemain Timnas Indonesia yang dinilai masih perlu peningkatan. Oleh karena itu dalam beberapa latihan terakhir di Turki, Shin memberikan sesi khusus penguatan fisik dan memberikan latihan dengan tempo tinggi.

Usai melawan Myanmar, Timnas Indonesia masih akan menjalani uji coba terakhir di Turki yakni menghadapi klub Antalyaspor pada Minggu (28/11) mendatang.

Lalu pada 1 Desember, Timnas Indonesia akan langsung berangkat ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020.

Di Piala AFF Timnas Indonesia berada di Grup B dan akan bersaing melawan Malaysia, Vietnam, Kamboja, serta Laos.

Skuad Garuda dijadwalkan memulai kiprahnya di Piala AFF dengan menghadapi Kamboja pada 9 Desember 2021 mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(rhr/jal)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER