Menang Ballon d'Or Ketujuh, Messi Makin Susah Dikejar Ronaldo

ptr | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 06:58 WIB
Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or ketujuh dan hal tersebut membuat Cristiano Ronaldo serta pesepakbola lain makin susah mengejar Messi. Lionel Messi sudah memenangkan tujuh Ballon d'Or dalam kariernya. (AP/Laurent Cipriani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lionel Messi berhasil memenangkan Ballon d'Or ketujuh dan hal tersebut membuat Cristiano Ronaldo serta pesepakbola lain makin susah mengejar Messi.

Messi dinyatakan sebagai pemenang Ballon d'Or 2021 dan trofi tersebut merupakan yang ketujuh bagi Messi dalam perjalanan kariernya. Sebelumnya, ia sudah pernah memenangkan Ballon d'Or pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Catatan Ballon d'Or milik Messi sulit ditandingi oleh pesepakbola lain. Satu-satunya pesaing terdekat yang masih aktif untuk menandingi Messi adalah Ronaldo. CR7 sudah memiliki koleksi lima Ballon d'Or dalam kariernya yaitu pada 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.


Untuk tahun ini, Ronaldo bahkan tidak menjadi lawan utama Messi. Ronaldo tidak terpilih masuk tiga besar yang dihuni oleh Robert Lewandowski dan Jorginho. Ronaldo hanya duduk di posisi keenam pada pemilihan Ballon d'Or 2021.

Dengan kondisi tertinggal dua gelar Ballon d'Or, Ronaldo bakal makin susah untuk mengejar Messi.

Dari segi umur, Ronaldo lebih tua dua tahun dari Messi sehingga di atas kertas Ronaldo juga bakal pensiun lebih dulu dibanding Messi.

Untuk tahun depan, Piala Dunia 2022 bakal jadi faktor penting di balik penentuan pemenang Ballon d'Or.

Messi sendiri sudah dipastikan tampil di Piala Dunia 2022 lantaran Argentina sudah menyegel satu tiket ke Piala Dunia. Sementara itu Ronaldo dan Portugal masih harus berlaga di playoff zona Eropa untuk memenangkan tiket tersisa ke Piala Dunia 2022.

Di luar Piala Dunia 2022, penampilan Manchester United dan Paris Saint-Germain di kompetisi domestik dan Liga Champions juga bakal memegang peranan penting untuk Ronaldo dan Messi.

Banner Testimoni

Man Utd dan PSG sendiri sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sedangkan di kompetisi domestik, Man Utd ada di posisi kedelapan Liga Inggris sementara PSG tak tertandingi di puncak klasemen Ligue 1.

Sedangkan di luar Ronaldo, butuh karier luar biasa bagi seorang pemain untuk bisa mendekati rekor Ballon d'Or Messi.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER