Titik Terang Calon Pelatih Timnas Malaysia, Asal Korea Selatan

CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 16:17 WIB
Pencarian pelatih baru timnas Malaysia oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mulai menemui titik terang. Timnas Malaysia akan punya pelatih baru. (AFP/ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pencarian pelatih baru timnas Malaysia oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mulai menemui titik terang. FAM disebut akan mengangkat pelatih asal Korea Selatan sebagai pelatih baru Harimau Malaya.

Posisi pelatih kepala Malaysia ini menjadi rumit setelah Tan Cheng Hoe mengundurkan diri usai gagal di Piala AFF 2021 di Singapura.

Sejumlah pihak publik sepak bola Malaysia menginginkan pelatih baru merupakan pelatih asing. Sejumlah usulan muncul, salah satunya agar fokus pada pelatih dari Asia.


Dikutip dari Utusan, FAM sudah mengantongi dua nama pelatih asal Korea Selatan yang akan menjadi calon pelatih baru timnas Malaysia.

Kedua pelatih asal Negeri Ginseng itu adalah Kim Hak Bum yang merupakan mantan pelatih timnas Korea Selatan di Olimpiade dan Kim Pan Gon, mantan pelatih Hong Kong.

Akan tetapi, Sekjen FAM Mohd Saifuddin Abu Bakar menolak berkomentar banyak soal calon pelatih Tan Cheng Hoe asal Korea Selatan ini.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe sesaat sebelum memimpin latihan pasukan Harimau Malaya di Lapangan A Senayan, Selasa (3/9).Tan Cheng Hoe tinggalkan Malaysia usai gagal di Piala AFF. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

Menurut Saifuddin, kewenangan pelatih baru Malaysia ada pada badan independen tim nasional yang mengevaluasi laporan usai Piala AFF 2021.

"Mengenai pelatih, saya tidak bisa berkomentar apa-apa, saya tidak punya petunjuk [indikasi] sama sekali soal ini," ujar Saifuddin kepada Mingguan Malaysia.

Meski tidak berkomentar soal calon pelatih asal Kora Selatan itu, tetapi Saifuddin mengatakan Malaysia bisa punya pelatih baru pada akhir bulan ini atau awal bulan depan.

[Gambas:Video CNN]

"Namun, saya memahami kemungkinan akhir Januari atau awal Februari akan diumumkan penunjukan pelatih baru," kata Saifuddin.

Kegagalan Malaysia di Piala AFF 2021 memunculkan kritik banyak pihak di negara tersebut. Salah satu imbasnya Presiden FAM Datuk Hamidin Mohd. Amin dituntut mundur dari jabatan itu.



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER