Guardiola Ditunggu Timnas Belanda usai Latih Man City

CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 08:45 WIB
Pep Guardiola ditunggu timnas Belanda setelah masa bakti dengan Manchester City berakhir pada 2023 mendatang. Pep Guardiola diminati timnas Belanda. (Action Images via Reuters/CARL RECINE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pep Guardiola ditunggu timnas Belanda setelah masa bakti dengan Manchester City berakhir pada 2023 mendatang.

Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) disebut sudah menyusun rencana meyakinkan Guardiola demi mewujudkan mimpinya melatih timnas Belanda.

Dikutip dari Mirror, tawaran itu akan dilayangkan KNVB setelah pelatih asal Spanyol tersebut meninggalkan Etihad. Kontrak Guardiola dengan Man City berakhir pada akhir musim 2023.


Laporan itu menyebutkan, The Citizens bertekad memperpanjang kontrak Guardiola. Akan tetapi, KNVB disebut sudah memberitahu Guardiola tentang rencana masa depannya sebelum menandatangani perpanjangan kontrak dengan Man City, Agustus lalu.

Dalam kontak KNVB dengan Guardiola itu, mantan pelatih Bayern Munchen tersebut mengatakan memiliki urusan yang belum selesai dengan Man City.

Soccer Football - World Cup - UEFA Qualifiers - Group G - Netherlands v Norway - Feyenoord Stadium, Rotterdam, Netherlands - November 16, 2021 Netherlands players celebrate qualifying for the Qatar 2022 World Cup REUTERS/Pascal RossignolTimnas Belanda punya kans besar dilatih Pep Guardiola di masa mendatang. (REUTERS/PASCAL ROSSIGNOL)

Peluang Guardiola melatih Belanda terbuka setelah pelatih 51 tahun itu yang diwakili saudaranya, Pere, bergabung dengan agensi berpengaruh asal Belanda, SEG.

Guardiola disebut tidak merahasiakan memiliki ambisi melatih timnas terkemuka. Melatih Belanda dianggap menggiurkan karena mentor Guardiola sebagai pelatih, Johan Cruyff memperkenalkan Total Football ke dunia pada 1970-an.

Saat melatih Barcelona, Cruyff mempromosikan Guardiola ke tim utama untuk bermain sebagai gelandang bertahan. Pada saat itu Barcelona memenangkan Liga Champions pertama tahun 1992.

[Gambas:Video CNN]

Pengaruh mendiang pelatih asal Belanda itu begitu besar bagi Guardiola.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang sepak bola sebelum mengenal Cruyff," ujar Guardiola.

Saat ini timnas Belanda kembali dilatih Louis van Gaal setelah Frank de Boer gagal di Euro 2020. Bersama Van Gaal, Belanda lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER