Hasil Piala Afrika: Kamerun Kalahkan 10 Pemain Komoro

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 03:59 WIB
Kamerun meraih kemenangan tipis 2-1 atas 10 pemain Komoro pada babak 16 besar Piala Afrika 2021 Kamerun mengalahkan Komoro di babak 16 besar Piala Afrika 2021. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kamerun meraih kemenangan tipis 2-1 atas 10 pemain Komoro pada babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stade Olembe, Yaounde, Selasa (25/1) dini hari WIB.

Komoro hadir di laga ini dengan skuad yang tidak komplet. Seluruh kiper mereka tidak bisa bermain karena alasan berbeda dan pos penjaga gawang ditempati Chaker Alhadhur.

Alhadhur merupakan pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri. Absennya tiga kiper yang dibawa Komoro membuat pemain Ajaccio itu harus mengawal gawang tim.


Komoro yang tampil pincang sudah harus menerima kenyataan tidak mengenakkan pada menit-menit awal pertandingan. Kapten tim Nadjim Abdou mendapat kartu merah langsung usai melanggar pemain Kamerun, Nicolas Ngamaleu.

Kartu merah yang diterima Abdou memberikan keuntungan buat Kamerun. Keunggulan jumlah pemain itu bisa dimaksimalkan dengan membuka keunggulan pada menit ke-29.

Kamerun berhasil unggul 1-0 lewat gol yang dicetak Karl Toko Ekambi. Tembakan pemain Olympique Lyon itu dari dalam kotak penalti menggetarkan gawang Komoro.

Kamerun semakin di atas angin pada babak kedua. The Indomitable Lions, julukan Kamerun, bisa memperbesar skor pada menit ke-70.

Gol yang mengubah skor menjadi 2-0 dijaringkan kapten tim, Vincent Aboubakar. Tendangan Aboubakar dari jarak dekat tidak mampu dibendung oleh Alhadhur.

Komoro tidak menyerah meski telah tertinggal 0-2. Semangat itu membuahkan hasil dengan gol indah yang dicetak Youssouf M'Changama. Ia melepaskan tendangan bebas dari luar kotak penalti yang bersarang ke pojok kanan gawang Kamerun yang dikawal Andre Onana.

Pertandingan berjalan semakin sengit setelah Komoro memperkecil skor menjadi 1-2. Akan tetapi Kamerun yang unggul jumlah pemain bisa mempertahankan keunggulan atas Komoro untuk lolos ke perempat final Piala Afrika 2021.

Kemenangan ini membuat Kamerun akan bersua Gambia di babak perempat final. Kedua tim akan saling sikut demi satu tiket ke babak semifinal pada 29 Januari mendatang.

Susunan pemain

Kamerun (4-4-2): Andre Onana; Collins Fai, Jean-Charles Castelletto, Michael Ngadeu-Ngadjui, Nouhou Tolo; Nicolas Ngamaleu, Martin Hongla, André-Frank Zambo Anguissa, Karl Toko Ekambi; Vincent Aboubakar, Eric Maxim Choupo-Moting

Komoro (4-2-3-1): Chaker Alhadhur; Mohamed Youssouf, Younn Zahary, Nadjim Abdou, Said Bakari; Fouad Bachirou, Rafidine Abdullah; Benjaloud Youssouf, Youssouf M'Changama, Ahmed Mogni; El Fardou Ben

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER