Mario Balotelli, Misi Italia Mencari Juru Selamat

ptr | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 08:52 WIB
Roberto Mancini memanggil Mario Balotelli kembali ke Italia. Balotelli punya kesempatan untuk jadi juru selamat dan mengantar Italia ke Piala Dunia. Mario Balotelli punya jam terbang tinggi sebagai pemain. (AFP PHOTO / VALERY HACHE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Roberto Mancini membuka pintu untuk Mario Balotelli bergabung dengan pemusatan latihan tim nasional Italia. Mancini tengah berupaya mencari solusi alternatif dalam situasi krisis yang akan dihadapi Gli Azzurri.

Mancini membuat kejutan dengan memanggil Balotelli dalam pemusatan latihan timnas Italia yang akan digelar pada 26-28 Januari. Ini adalah kali pertama Balotelli kembali bergabung dengan timnas Italia sejak 2018.

Walau tidak ada pertandingan yang akan dilakoni, pemanggilan Balotelli ini bisa jadi sinyal bahwa Super Mario memang punya tempat spesial di mata Mancini.


Mancini dan Balotelli punya kedekatan sejak zaman dulu. Mancini adalah sosok yang memberikan panggung debut untuk Balotelli. Ia juga yang membawa Balotelli bersinar di Manchester City.

Kini saat Italia tengah dalam situasi kritis menuju Piala Dunia, Mancini juga kembali melirik Balotelli.

Italia di bawah Mancini adalah tim yang solid. Hal itu bisa dibuktikan dengan keberhasilan mereka meraih gelar juara di Piala Eropa 2020.

Namun penampilan menurun setelah Euro 2020 berakibat fatal. Hasil imbang lawan Swiss dan Irlandia Utara membuat Italia tergusur dari puncak klasemen dan hanya berstatus sebagai runner up grup.

Dengan status runner up grup, Italia harus bertarung di babak play-off. Italia akan menghadapi Makedonia Utara di babak pertama namun mereka juga berada di blok yang sama dengan Portugal dan Turki.

Situasi tersebut yang membuat Italia yang bergelimang kejayaan di tahun lalu berada dalam situasi krisis. Belum lagi mereka dibayangi kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 yang turut menambah tekanan untuk lolos di edisi kali ini.

Derita Italia makin bertambah karena mereka kehilangan Federico Chiesa, bintang mereka di lini depan pada Euro 2020 lalu.

Balotelli yang kini berusia 31 tahun punya pengalaman dan jam terbang tinggi untuk menghadapi situasi sulit macam ini. Ia sudah membela timnas Italia sejak 2010 dan bakal jadi salah satu pemain senior di dalam skuad Italia saat ini.

Namun bukan berarti Mancini akan menggantungkan semua harapannya ke Balotelli. Mancini hanya membuka pintu untuk Balotelli namun tidak benar-benar mengistimewakannya dalam skuad Italia.

Banner Testimoni

Mancini masih punya andalan di lini depan lewat sosok Ciro Immobile. Mancini juga memberikan kesempatan bagi pemain-pemain muda macam Giacomo Raspadori dan Gianluca Scamacca untuk ikut bergabung di pelatihan kali ini.

Namun bila Balotelli bisa menunjukkan kerja keras dan komitmen yang kuat, Balotelli bakal punya peluang jadi juru selamat Italia di play-off nanti.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER